Senin, 21 Januari 2013

ROTI

Sayang, kuceritakan satu kisah, ah bukan kisah sih, hanya beberapa cerita. Cerita tentang roti. Aku lupa apa aku pernah menceritakannya padamu. Semoga saja belum. Jadi beginilah..

Ketika aku kecil, hingga aku remaja, aku gemar sekali makan roti. Roti apapun. Atau makanan apapun yang diolah dari tepung terigu, sebangsa roti, seperti donat, bakpao, bolang baling, cakwe, dsb. Aku tumbuh di lingkungan perumahan yang gemar menjajakan makanan. Tiap pagi, siang, sore, bahkan malam, begitu banyak penjual makanan yang bersliweran di daerah rumahku: es krim, roti, siomay, mie ayam, putu, lekker, mie jowo, bakso (bakso ini pun ada banyak:bakso pak kumis, bakso kotak, bakso surabaya, dll) dan masih banyak lagi. Dan kamu tahu sayang? Semuanya enak! Mungkin bisa dibilang aku doyan jajan. Tapi ada beberapa alasan mengapa aku suka jajan. Beberapa pernah kuceritakan padamu.

Mungkin aku pernah cerita bahwa mamah papahku sibuk bekerja, sehingga jarang ada masakan sendiri di rumah. Kami seringkali beli lauk ketika siang, dan jajan ketika malam. Menyenangkan sih, tapi boros juga ya kalau dipikir2. Sekarang rada beda ketika kami tinggal tanpa papah dan harus lebih hemat. Mamah tiap hari masak. Kadang masakan harus terbuang sia2 karena tak habis, entah karena pada jenuh, atau karena pada pergi. Mas kevin, mamah, dan dik Amy jadi jarang jajan. Aku? Ya jelas selalu jajan, lha wong ngekos. hehehe

Oke ceritanya malah kemana-mana. Kembali ke roti. Jadi beberapa hari yang lalu, aku dan Ante, salah satu mbak kosku, sempet cerita2 tentang roti. Gara2 kami gemar beli roti tawar dan meses untuk ransum. Dari situ kami menceritakan beberapa kisah tentang roti.

Aku, dulu, sering sekali makan roti (diulang lagi ye? hahaha). Sempet beberapa hari sarapan dengan roti, atau bekal roti. Aku suka sekali roti pisang keju coklat. Ada satu merk roti yang jadi favorite yang sering lewat rumah. Aku juga suka sekali bawa bekal roti. Entah roti tawar, atau roti basah sobek, roti coklat, keju, pisang, dll. Tapi tetep pisang coklat keju jadi favorite. Tiap ada acara special, di Semarang, kebanyakan orang ngasi roti buat buah tangan, kayak acara sunatan, ulang tahun, selametan, natalan, dll. Papah, nah ini tuips! Papahku hobby sekali bawa pulang roti enak-enak. Di Semarang itu banyak banget toko roti enak.

Ada lagi cerita. Budheku dan tanteku yang dari Kudus ini suka banget main ke Semarang. Kalau mereka ke Semarang, mereka pasti bawa oleh-oleh macam2. Dan seringkali makanan. Zaman itu, ketika aku masih kecil, mereka gemar banget bawa cemilan khas Kudus dan roti. Dan ini roti kayaknya uda hampir punah. Sampai sekarang aku masih nyari, apakah masih ada toko yang jual ini roti. Jadi roti basah ini roti biasa sih, dan ada gula pasir di permukaan atasnya. Tapi itu adalah roti terenak yang pernah aku rasain seumur hidupku deh. Setiap budhe dan tante dateng ke Smg, aku cuman nyari oleh2 roti itu. Kalau mereka ngabari mau datang, aku nomor satu yang pesen dan minta dibawain roti gula itu. Sayangnya ketika aku mulai beranjak remaja, aku sudah kehilangan roti itu. Entah budhe dan tante uda bosan bawainnya, apa tokonya udah tutup.

Yang menarik dan aku heran dari roti ini, kenapa gula pasir yang ada di permukaan roti ini enggak leleh padahal dimasukin dalam oven yang panas. Jadi bentuk gula yang seperti pasir itu bener2 nyata, dan krenyes2 di gigi. Si Hanz sih pernah kasih tahu ada toko roti kuno di Jogja namanya Toko Murni. Katanya sih di sana jual roti2 jadul dan ada roti yang kusuka. Tapi sampai sekarang belum pernah ke sana dan nyari tahu.

Jadi sayang, sebenernya aku tuh suka sekali roti. Mungkin sekarang bosen yah, karena dulu keseringan makan roti, dan semuanya enak. Jadi sekarang rada gaya gitu. Malas makan roti dan kalau makan pun pilih2.. hehe. Maaf sebelumnya. Aku inget kamu pernah perhatian banget bawain aku roti lumayan gede lah, seukuran roti sobek. Gara2 aku suka malas keluar cari makan, dan sering ngeluh kelaperan malam2. Tapi waktu aku lihat rotinya, aku rada sedih, karena uda tahu bakal gimana nantinya. Antara bosen ama roti dan gak yakin rotinya enak. Waktu dicuil, ternyata bener seperti yang ditakutkan. Aku gak tega buat ngebuang, dan aku bukan tipe yang bisa nawarin makanan ke orang lain. Jadi aku biarin roti itu. Sampai akhirnya berjamur di dalam kamar. Sedih banget waktu waktu itu. tapi mau gimana lagi. Maaf ya..

Tapi kayaknya setelah itu aku pernah pesen ke kamu untuk gausa ngebawain aku roti apapun kecuali roti tawar. Roti tawar yang enak tentu saja. Hehehe. Takut aja sih bakal ngebuang-buang makanan lagi. Soalnya aku tipe orang yang mood-mood-an soal makanan. Jadi bahaya aja kalau gak berkenan.

Jadi begitulah beberapa cerita tentang roti. Sampai sekarang, sebenernya masih suka, tapi pas lagi moodnya aja. Dan selalu seneng liat kamu makan roti atau apapun dengan lahap. Suka banget lihat kamu keringetan waktu atau sehabis makan. Rasanya rindu buat kamu sudah lebih dari rindu. Hehehe. Dan sepertinya uda mulai terbiasa makan sendiri di tempat2 makan, kayak janda. Semoga kamu sehat selalu sayang. Loveyah!




Tidak ada komentar: