Kamis, 15 September 2011

i lost my wallet

Kira-kira 4 hari sebelum Idul Fitri, hari yang bisa dibilang manis. Hari Sabtu, aku tiba di Semarang, kota kelahiran dan bersejarahku. Setelah hampir 2 bulan menempuh KKN, setelah puas merindukanmu, setelah tepar sesudahnya, setelah setelah setelah setelah bersamamu semalaman, dua harian. hehehehe. Sabtu sore itu semua kerinduan terhadap rumah dan isinya terbayar sudah. Aku bertemu mamahku yang tambah cantik aja, adikku yang tambah semog aja, kakakku yang tambah item aja. Oya, tak lupa, dengan panas dan gerahnya Semarang yang tak tertandingi. The one and only!

Malamnya aku dan adikku bertemu papahku yang sudah 3 tahun terakhir ini pisah dengan mamahku. Kami berencana belanja, makan malam, dan mengunjungi ibu papahku, nenekku. Malam minggu itu kami naik becak ke salah satu mall di Semarang. Romantis huh? Setelah itu kami menuju rumah nenekku, kangen-kangenan. Gak berasa banget, nenekku yang dulu sering main-main denganku, sekarang uda tua banget. 90 th. Masih sehat. Tapi cuman bisa duduk. Dan uda lupa siapa aja anaknya, dll. Setelah semua acara itu, aku dan adikku pulang. Oiya, papahku sempet ngasi THR ke aku. Seneng juga, lumayan buat belanja... hehehe

Minggunya, minggu yang cerah dan ceria, menyenangkan pokoknya. Hari yang sempurna banget buat ngapa-ngapain. Aku ngajak mamahku nyalon. Mau toning sebenernya. biar rambutnya kelihatan sehat. Si mamah juga mau toning, ubannya uda rusuh banget di mana-mana. Trus waktu mau berangkat nyalon, mamah berkata, "Kamu gak nyemir rambut aja tho nok? Kamu kan masih muda, biar gaul", katanya. "Iya tho mah? iya ya, semir aja ah, keren keknya", kataku sambil mbatin, gila mamah gueh gahol benjet! Hahahahaha. Singkat cerita, aku dan mamahku nyalon. Dia noning rambutnya, aku nyemir rambutku. Sebenernya yang noning ama nyemir mbak2 salonnya sih. hhee. Hasilnya? liat aja sendiri.

Setelah puas bersalon ria, rambut diobok-obok ama mbak-mbak salon, mamahku ngajak nyari sepatu. Sepatu kemayu, sebutanku. Sepatu yang haknya tinggi, yang dipake ama wanita ataupun cewe kemayu. Berangkatlah kami ke sebuah mall di pusat kota Semarang. Seperti mall kebanyakan di akhir pekan atau di hari menjelang hari raya, mall waktu itu memang rame banget. Semua orang belanja. Heran deh, kenapa belanjanya musti deket-deket hari raya sih? Kenapa gak 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan sebelumnya? ah, yaudah, suka-suka mereka.

Sebenernya aku gak niat belanja, tapi emang dasar cewe, gak bisa lihat barang mulus dikit. Apalagi kalau barang mulusnya cocok dipakai di tubuh kita. Eh apa sih. Uda ambil ini itu, uda siap mau bayar, uda seneng-seneng bakal punya barang mulus, tiba-tiba dompetku tidak ada saudara-saudara! Alias hilang! Alias di colong! Alias apes! Tasku ternyata dirobek sekitar sejengkal, dan dompetku berhasil diambil. Gila yah? Aku uda lemes aja. Uda sering kehilangan dompet, tapi gak pernah kecopetan, dan yang hilang itu selalu ketemu juga. Sedih deh.

Beberapa jam setelah kejadian itu, mamahku sms kakakku yang ada di rumah, ngasi tahu kalau dompetku hilang diambil orang. Kakakku yang menyebut dirinya sebagai kaum Hippies itu langsung sms aku

"Sabar ya Jum, rejeki gak kemana", eh btw, jum itu panggilan sayang kakakku ke aku, karna dia bilang bodiku bodi dangdut kek pembantu. WTF.

trus aku bales smsnya,"Aku gak masalah duitnya mas, tapi surat-surat pentingnya", udah deh itu, balesan sms paling gaya sedunia. Padahal lumayan juga tuh duitnya, abis dapet THR pula. Arwwrr...

Trus kakakku bales lagi, serupa tapi tak sama, " Sabar ya Jum, surat-surat gak kemana."

Aku yang lagi bete abis kehilangan dompet kontan tersenyum baca balesan sms kakakku itu. Bisa aja dia yah. Abis itu aku ikhlas. Tapi kadang-kadang gak ikhlas juga sih. hehehe. Ngarep trus, kalau suatu hari dompetku itu bakal kembali sesurat-suratnya. Tapi kemudian, aku pikir, ya sudahlah, namanya juga musibah. Bener kata kakakku, rejeki gak kemana. Entar juga bakal ada rejeki lain. Ntar juga bisa ngurus dan bikin surat-surat penting itu lagi. Inget kata si Irma, temen KKNku yang dipanggil Momo. Dia sering banget bilang, "Segala sesuatu itu kuncinya ikhlas". Walau seringkali ketika dia ngomong itu, seringnya gak nyambung ama konteks pembicaraan atau peristiwa. Hahahaha. Ikhlas...ikhlas.....

Tidak ada komentar: