Sabtu, 28 Agustus 2010

KENANGAN MASA KECIL (BAGIAN IV)


Akhirnya.. setelah cukup lama.. Aku bisa melanjutkan romantisme masa kecilku lagi. Ini bagian terakhir tenang saja. Postingan cerpen sebelum ini cuman intermezo aja, biar gak jenuh sama dunia masa kecilku. Cerita kali ini, settingnya kebanyakan di sekolah. Ya sesekali di luar sekolah juga sih..
Masa-masa sekolah
coba tebak! mana akuu?? :P
1.      Sudah pernah aku ceritakan bagaimana hari pertamaku di TK kan? Jadi tak perlu kuceritakan kembali. Yang jelas, masa TKku menyenangkan. Banyak bermain! Hahaha. Menyenangkan banget kalau inget.
2.      Aku sering disetrap untuk beberapa hal. Gadis badung juga waktu itu aku. Hiperaktif. Yang lucu, dulu di TK, aku uda main geng2an segala coba. Ada dua geng waktu itu. Dan aku jadi wakil ketua geng. Soalnya ketuanya musti cowo. Hahaha. Gak meaning banget.
3.      Walau badung, aku punya banyak kegiatan lho! Semacam anak TK multitalent. Hahaha, males. Aku sering manggung buat nari, drumband, paduan suara, dan yang paling berkesan, aku terpilih untuk nyanyi berdua dengan kawanku untuk langsung di siarkan di RRI. Gahol gak tuh??
4.      Lalu aku masuk ke SD yang masih satu yayasan katholik, dan tempatnya juga sebelahan ama TKku. Oya! Sejak TK besar, aku uda berani naik sepeda sendiri lho ke sekolah. Waktu TK itu malah nyolong2. Soalnya belum boleh. Sepedanya aja kuparkirin di parkiran sepeda anak SD. Hahaha. Metal!
5.      Kelas satu dua, aku adalah anak golongan ‘lima besar’, soalnya aku selalu ranking lima besar. Tapi yang paling bête! Tiap kenaikan kelas, aku gak pernah masuk 3 besar. Ada cerita, suatu kali, ketika aku sedang piket kelas, ibu guruku memerhatikanku menyapu. Aku sempet kagok, karena ngerasa aneh diliatin mulu. Waktu pulang, aku pamitan, dan salim ke bu guruku itu. Lalu waktu aku salim, dia tanya,
”kamu besok minta ranking berapa yov?”
Besok memang hari pengambilan rapor. Tapi aku kaget juga ditanyain gitu. Berhubung aku pengen banget masuk tiga besar, dan mungkin rada kelewatan kalau aku minta ranking satu atau dua, maka aku bilang ke guruku,
“ranking tiga bu..” sambil senyum-senyum malu.
Tapi si ibu guru cuman ketawa. Lalu aku pulang. Dan di sesampai di rumah, aku sunguh berharap, bahwa besok saat pembagian rapor, aku bisa ranking tiga. Bego juga kalau diinget-inget. Orang besok udah rapotan kok sekarang rapotnya masih kosong ranking. Hahaha.
Keesokan harinya, waktu pengumuman ranking, FYI, pada kesempatan itu, rapor dibagikan ke anaknya langsung, tanpa ortu, aku bête minta ampun. Di upacara, kakakku diumumkan juara kelas lagi. Aku heran deh, kakakku waktu SD itu tokcer banget. Tapi aku, ternyata cuman dapet ranking lima. Aku bête juga ama guruku yang kemarin nanyain aku. Kenapa musti nanya gitu kalau ternyata keinginanku tidak dikabulkan? Hahaha. Dasar anak-anak.
6.      Tiap trima rapor, selalu ada catatan kecil di bawah:”kurangi bicara di kelas.” Hahahah. Aku emang suka rame n ceriwis di kelas. Sempet juga suatu kali aku dilempar penghapus sama guru kesenianku. Tapi bukan gara-gara cerewet, tapi gara-gara aku asik mainan sendri. Hihihi
7.      Aku suka disuruh guruku nulis di papan tulis. Tapi suatu kali, waktu guruku lihat tulisanku di buku catatan, dia kaget, lalu bilang gini ke aku,”yovi, kamu bisa tho belajar dengan catetan seperti ini?” hahaha, aku ketawa. Dalam hati, bisalah! Buktinya nilai2ku bagus2. Hekekek. Yaahh.. maksudnya guruku tuh tulisanku jelek banget dan gak rapi. Padahal kalau nulis di papan tulis, bagus-bagus aja. Aneh memang. Kalau buat orang lain, memang harus nampak bagus.
8.      Aku tomboy banget. Jangan harap ada cowok menindasku atau nakalin aku. Habislah dia! Hahaha. Oya! ada satu cerita lucu. tapi bukan di sekolah. Ini cerita di rumah. Jadi waktu itu aku rebutan sepeda ama tetanggaku cowok. Trus aku emosi dan memukul perutnya. Abis mukul perutnya aku langsung lari ke rumah. Dan nangis. Pengecut banget yah? hahaha. Dan yang aneh, temenku yang aku pukul itu gak nangis, malah aku yang nangis. Dan tambah lucunya lagi, bukan aku yang minta maaf ke dia karena uda mukul perutnya, tapi justru dia yang minta maaf ke aku karena uda rebutan ama aku dan bikin aku nangis. Sumpah! aku hina banget! hahahah
9.      Aku suka pelajaran olah raga, bahasa inggris, kesenian, computer. Aku benci matematika dan ips sejarah!
10.  Aku aktif di sekolah. Jadi dokter kecil, petugas upacara, pramuka, paduan suara, dll.
11.  Semakin naik kelas, rasanya berat banget buat dapet ranking sepuluh besar lagi. RRrrrr..

Cinta Monyet
1.      Cerita cinta monyetku waktu SD banyak banget. Hahaha. Yaaah, cukup laku juga aku di SD, primadona dikit lah yaaaa.. hahahah
2.      Ada satu temen cowokku, yang kebetulan waktu itu duduk sebangku denganku, ternyata naksir aku. Waktu itu kelas 3 SD. Jadi, waktu itu kita lagi ngobrol tentang orang yang disukai, sembari menunggu giliran dipanggil namanya oleh guru untuk memasukkan nilai ulangan. Trus waktu aku tanya siapa gadis yang disukai kawanku itu, bersamaan dengan itu, namaku disebut oleh guruku, lalu aku segera menyebutkan nilaiku. Lalu, si cowok gendut yang naksir aku itu, langsung bilang,”itu tuh ceweknya, yang barusan nyebutin nilai seratus”. Emang pas itu nilaiku dapet seratus. Dan emang dia gombal banget. Hahaha. Aku ampe malu.
3.      Banyak banget cowo yang aku suka. Kebanyakan satu kelas. Tapi ada juga tuh, cowok manis yang awet aku suka dari kelas dua ampe kelas enam. Walaupun jarang sekelas juga. Tapi ternyata dia juga suka aku. Dia sering godain aku, ngejekin aku, ngirim aku kartu natal, ngasi aku kado waktu kelas enam, lewat depan rumah. Lucu-lucu deh pokoknya. Panggilannya deka.
4.      Banyak kenangan ama deka nih, cekidot yah..
·         Pas valentine, pulang sekolah, aku kan naik sepeda tuh, trus tiba-tiba di jalan, dia nyuruh aku berhenti, dia mau ngasih sesuatu katanya. Waktu itu jalan sepi. Dia mulai membuka tasnya, trus mendadak temen2ku pada muncul dan ‘nyie2in’ gitu. Tiba-tiba si deka jadi malu, trus dia bilang,”gak jadi deh, kamu pulang aja..”
Hahaha, aku masih penasaran ampe sekarang, apa yang dia mau kasih ke aku. Halah!
·         Dia pinjem komik seri tokoh dunia waktu itu, trus waktu ngembaliin, aku nemuin poster Harry Potter diselipkan di buku itu. Waktu aku confirm ke dia, dia bilang,”itu buat kamu, kamu suka harry potter kan?” wadoooo, melayaaaang…
·         Sesekolah tahu kalau deka suka aku. Dan aku suka dia. Lebaaay.. dan tiap dia masuk ke kelasku, soalnya kami sering beda kelas tuh, ributlah anak-anak ‘nyie2in’ kami lagi. Termasuk guru juga gak mau kalah.. hhaaa. Apasihdotcom
·         Waktu natal, dia kirimin aku kartu natal. Terus di amplop tertulis gini “Ytk. Yovi” hehehe. Geer. (Ytk: yang terkasih)
·         Pas aku ulang tahun, dia juga ngasi aku kue gitu. Biscuit coklat good time kalau gak salah, patungan ama kawannya yang ternyata juga suka aku. Halah. Hahaha.
5.      Ada juga dua anak gila yang kayaknya menggemariku dengan sangat. Abisnya, ada aja alesan mereka ke rumahku. Mau pinjem bukulah, catetan lah. Naik sepeda, lewat doang di depan rumah, ambil teriak-teriak “yovi! Yovi!” terus, waktu aku keluar, ternyata dua anak gila itu udah hilang.. itu anak apa tuyul yah?? Hhaa
6.      Suatu kali, karena cukup banyak cowok yang suka aku di sekolah, ada satu cowo, yang emang kalau ngomong gak pernah enak, bilang gini,” kamu pasang susuk yah yov? Kok banyak yang suka kamu?” kampret banget tuh anak emang. Haha!
7.      Sebenernya masih banyak cerita nih.. tapi kok capek yah nulisin semuanya gitu.. entar aja deh, kalau pas lagi semangat aku tamba2hin lagi buat kalian.. hehehe.. cu..

TAMAT

2 komentar:

Only Digital Binary mengatakan...

wis pinter dadi primadona meneh. cen wangun og. hahaha

yovi amanda sudjarwo mengatakan...

apa sih ndoro ah.. gak ngerti deh.. hhaaaa