Senin, 07 Juni 2010

tutor gitar
















baru aja menyelesaikan tugas negara kesekian. jadi sukarelawan pengajar gitar. aku memiliki satu buku kosong, warna pink! kenapa aku kasih tanda seru? karena ada pengalaman menyesakkan yang berhubungan dengan warna itu dengan seorang dosen (oke, tak usah dibahas), dan tentu saja! karena si Andi, murid gitarku itu benci warna pink. tapi, sebodo amat. aku cuman punya satu buku kosong itu, untuk mengisinya dengan berbagai basic lesson playing guitar. hehehe. love you ndi!

kemarin, aku ke kosannya membawa gitarku. marcelino rafael. iya! itu nama gitarku. telenovela banget yah? ntahlah, si yosef yg kasih nama. karena aku janji untuk meminjaminya gitar agar kegiatan belajar mengajar lancar. Andi bukan murid gitar pertamaku. aku terlampau sering mengajari orang main gitar. dari yang cuma iseng-iseng belajar, serius belajar, basa-basi belajar, sok-sok belajar, sampai belajar cuman karena mau pedekate. gak ding! geer aja aku. hahaha. dan terlampau banyak teman yang hanya basa-bnsi, atau memang gak punya topik pembicaraan yang selalu bilang,"yovi, ajarin aku main gitar dong.. bla bla bla.." nyampe bosen. tapi si muridku yang satu ini berbeda. dia mau serius belajar. dan aku terpana dengan keseriusannya. hash!

pertama dia bilang,"Pi (begitu dia suka memanggilku), ajarin aku main gitar dong. aku pengen bisa nih. kayaknya keren banget deh cewek bisa main gitar. gimana gitu."

aku bilang,"yaudah belajar lah, chordnya belajar sendiri, ntar aku ajarin tekniknya aja. tapi kamu harus serius. aku gamau ngajarin orang gak serius."

dan, begitulah awal janji sehidup semati kami sebagai tutor dan murid.(berlebihan kayaknya) :D

suatu hari, si Andi ini nginep di kosanku. dia berjam-jam latihan main gitar dengan beberapa chord dan satu lagi paling mudah sedunia, karena chordnya cuman dua. lagunya SO7 yang Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki. lagu ini sangat efektif dan terbukti manjur untuk pemula banget. kakak tingkatku, mas samsul aja cuman beberapa jam kuajarin, langsung bisa main gitar, walau cuman bisa main lagu itu doang. tapi itu awal sebuah keberhasilan lho! buktinya sekarang dia lumayan bisa kok nyanyi lagu2 yang lain. hebat yah lagu SO7 itu? hehehe

oke, kembali ke topik yang andi ngnep di kosan dan belajar gitar. latihan si Andi itu sempat terputus oleh sebuah acara jazz di Bentara Budaya. dan memang dasar si anak ini gigih bukan main, pulang dari acara jazz, sekitar jam 12 malam, sampai kamar kosanku, dia langsung mengambil gitarku, dan latihan lagi. alamaaakk.. nyenengke tenan liat semangat 45nya. sebagai teman sekaligus guru, aku berjanji, akan mengajarinya dengan sungguh2 sampai dia bisa dan pandai bermain alat musik sejuta umat itu.

duh kok jadi flash back jauh yah? kembali lagi ke cerita paling awal. yang aku membawa marcelino rafael ke kosan andi. aku capek banget waktu itu. kurang tidur, abis perform di acara sarapan jazz, dan yah gitu lah. penat n ngantuk. aku biarin dia genjrang genjreng sendiri. belajar sendiri dulu. lalu dia menagih janjiku untuk menuliskan chord2 dasar dan mengajariku cara memainkannya. aku janji akan kubuatkan, dan akan kuberikan besoknya (hari ini berarti). dan seperti yang tertera di awal postingan ini, pada halaman awal buku tulis tutor gitar ini, kutulis dan gambarkan Lesson 1, CHORD, mayor minor. baru, nanti sore akan kuberikan ke dia. rencanaku, setelah dia bisa menguasai semua chord dasar, baru akan kuajari cara memainkan sebuah lagu dan teknisnya bermain gitar. cieeee. semangat kawan!!! jangan pantang menyerah!! kamu pasti bisa!!!!!!

Tidak ada komentar: