Senin, 14 Juni 2010

tentang dompet yang tak jadi hilang

sedikit malas bercerita sebenarnya. masalahnya ceritanya panjang bukan main kayak kereta api. baiklah, aku mulai saja. emm, dari sini.

di hari minggu yang cerah. sangat cerah. sedikit panas sebenarnya. seperti biasa, aku berusaha menjadi anak Tuhan yang manis (baca:ke gereja). jalan menuju perempatan MK (Mirota kampus) sebelah barat dan menunggu bus jalur 15. entah kenapa, hari itu busnya muncul lama sekali. dan semakin panas saja hari itu. padahal masih pukul 7.45.

setelah busnya datang, dengan tergesa karena takut telat ke gereja, aku langsung naik. di dalam bus, seperti biasa, aku langsung duduk dan membayarkan uang kepada kernet. aku masukkan kembaliannya ke dalam tas, bukan ke dalam dompet. dari gereja sampai ke kosan, aku tidak membuka kembali dompetku. aku cuman mengambil uang yang ada di dalam tas. kembaliannya yang tadi.

setiba di kos, aku langsung duduk santai menunggu temanku yuke yang janji mau ke kosan, numpang bikin tugas. tapi kami juga punya rencana untuk sarapan bersama. romantis gilak!. hahaha. sewaktu aku mau menyiapkan dompet agar bisa langsung dibawa ke tempat kami sarapan, walau yuke belum dateng, aku kaget! kaget bukan kepalang! dompetku tidak ada di tempat seharusnya dia berada. aku cari ke sana kemari, masih juga tak kutemukan keberadaannya. setiba Yuke sampai di kosanku, dia sedikit shock dengan peristiwa yang baru saja terjadi. halah, bahsaku. yah pokoknya jadi kisruh gitu lah. aku maksudnya yang kisruh. aku ribut banget. berkali-kali bilang,"kok bisa hilang sih?" ya bisalah! emang dasar akunya yang bego.

aku langsung sms mamah n kebo. memang merekalah orang yang selalu pertama kuhubungin ketika aku ada apa2. aku rada heran, kenapa mesti kebo?? hahaha yasudahlah, kalau itu emang pengecualian. tapi tak kunjung ada balasan. jengkel! aku nangis. tapi sambil cengengesan. lha abisnya dongkol banget sih. masih gak terima. anehnya, aku gak merasa deg2kan sama sekali. biasanya kalau perasaanku kayak gitu, barangku bakal ketemu. sempet update status Fb segala malah, dan komen2an sama beberapa orang. ck ck ck. sempet yah mbak?? hehehe

lalu aku ke kamar tetangga. si mbak eka. aku biasa panggil dia mamah. tiba-tiba aja, ketika aku cerita, aku nangis. masih dengan cengengesan. si mamah jelas bingung2 heran ngelihat tingkah anehku yang tidak konsisten itu. lalu dia sedikit ngasi tahu apa aja yang harus kulakukan selanjutnya. lumayan lega, walau masih galau bukan main.

tiba-tiba mas gun nelpon, trus yang tadinya aku uda berhenti nangis, jadi nangis lagi. huahaha! emang suka lebay nih aku kalo diperhatiin dikit. dia ngasih tahu aku, kalau aku harus ke polsek bulaksumur untuk bikin surat kehilangan. bla bla bla. lalau aku pinjam mtor si mamah dan segera tancap gas. ditemani yuke tentu saja. dia juga yang mbayarin makanku dulu. sempet salah lokasi juga. tapi akhirnya, surat sudah diurus, air mata sudah berhenti (kayaknya gara2 abis makan deh), dan perut sudah kenyang. sampai kosan, lemes, capek. langsung tidur.

oya! mamah sempet sms dan nelpon. suruh pulang segala, bla bla bla. tapi aku bilang gak bisa. sikonnya tidak memungkinkan. waktu tidur, ada sms2 masuk. mamah lagi. trus mas gun. sms mas gun kubalas setengah sadar. trus lama-lama aku udah gak bisa tidur lagi. mas gun malah ngajakin ngedonat. memang gak ada hubungannya sama dompet hilang, tapi jangan salah... ajakan itu membuat aku sedikit lupa bagaimana dongkolnya kehilangan sebuah dompet. si mamah eka sempet ketawa waktu aku bilang dompet itu nyawaku, dan kamera itu jiwaku. tentu saja dengan nada yang dibuat berlebihan ketika aku mengucapkannya.

lalu singkatnya, waktu kami sedang ngobrol menikmati coklat dingin dan donat. ngiler.. ada sms masuk. ada yang menemukan dompetku!!!!! aku shock! aku langsung bales. bla bla bla. ternyata yang nemuin dompetku itu bapak-bapak, dan minta imbalan. cuman fyi, yang sms itu ibu2. ibu tutik namanya. rada aneh sih. tapi yaudah. akhirnya kami bikin janji. aku dikasih alamat rumah bu tutik dan aku janji besok siang aka datang mengambil dompetku itu.

dan hari ini, adalah hari itu! bu tutik suruh aku datang jam 12 siang. tapi tiba2, jam 11 dia sms dan bilang udah nungguin aku. yaudah! aku segera pinjem motor mbak kos. dan aku berangkat sendiri! dega2kan sumpah! gatau kenapa aku punya pikiran jelek. wuah! aneh2 yang jelas. astagfirullah. abisnya banyak berita2 kriminal, dan hari gini? ahh, sudahlah, hajar aja!! the Name of God tentu saja!!
panas, dan masih deg-degkan. aku cari itu alamat. alamatnya aneh, aku tanya beberapa orang, dan tidak menemui jalan keluar. sampai akhirnya aku sms bu tutik lagi. minta alamat lengkapnya dan ancer-ancer. ternyata masuk2 gang sempit. hmm.. aku turun, dan tanya orang lagi. deg-degkan mampus, waktu ibu2 yang kutanya bilang kalau alamat itu kayaknya gak bener, dan dia bilang kalau dia adiknya bu tutik. hah?? aku aja sempet diinterogasi macem2. huah! tapi dia lalu membawaku dan membantuku menanyakan ke orang lain. lalu ternyata, ada lagi yang punya nama ibu tutik. aku disuruh tanya sama bapak2 yang nongkrong di tempat yang dia tunjukkan. aku tanya, dan aku dapat rumahnya.

gak nyangka, ternyata ibu tutik ini ramah. dia ceritakan semuanya. saat itu dia lagi di jalan (jalan pingit, daerah sekitar gerejaku) dan melihat isi dompetku berserakan. sampai ada bapak2 yang mau membuang dompetku itu. tapi bu tutik melarang dan menjanjikan si bapak sebuah imbalan, asal dompetku tidak dibuang, dan bu tutik boleh mengamankannya. si bapak setuju. jadi ya gitu, aku dimintai imbalan oleh si bapak. bu tutik lalu mengumpulkan kartu2ku yang berserakan. ada ktp, sim, atm, dan kartu2 yg lain. waktu lihat kartu2 itu, bu tutik emang berniat untuk mengembalikan, apalagi waktu lihat atm mandiri dan bniku. bu tutik pernah punya pengalaman ngurus atm yang hilang dan katanya ribet, makanya kasiha sama aku. padahal atm mandiriku udah gak kepake. heheheh. dan bu tutik dapat nomer hapeku dari kartu member taman bacaan. syukurlaah.. oya, aku sedikit nyesel setelah tahu ceritanya, karena aku malah gak kasih apa2 buat bu tutik yang uda mungutin isi dompetku yang berserakan. kenapa aku justru kasih duit ke bapak yang mau buang dompetku?! damn!! aku gak tahu sih.. aku berkali-kali berterima kasih ke bu tutik yang uda baik banget. biar Tuhan aja yang bales. aku percaya hukum tabur tuai!

makasi PAH, udah nemuin kembali dompetku, walau duitnya udah gak ada. gapapa, cuman 30an. hehehe. love You full!!
makasi Yuke, uda nemenin aku ke polsek, mbayarin aku makan dulu, nemenin aku seharian.
makasi mas Gun, uda buaek buanget! makasi buat donat dan coklat dinginnya, makasi uda ngehibur aku, ngasih aku mug. kind of you!!
makasi mamah eka, uda minjemin aku duit n motor buat ke polsek.
makasi ante ikna, uda minjemin motor buat ambil dompet.
makasi bu tutik karena uda nyelametin dompetku. maaf gak kasih apa2. kalau aku tahu ceritanya dari awal, aku pasti kasih sesuatu sebagai tanda terima kasih. muah muah! God bless!!
makasi buat ibu-ibu yang uda bantuin aku cari alamat.
makasi buat mas mas yang uda bantuin nyari alamat juga n membebaskan aku untuk bayar parkir..

aku bahagia bisa ketemu orang-orang baik seperti kalian!! God bless you all!!

oya, pesennya, hati hati bawa dompet!!

Tidak ada komentar: