Kamis, 18 Februari 2010

kuliaaaahhh

aku ulangi. aku adalah mahasiswa semester 4 fakultas filsafat UGM. dan semester ini aku mengambil 9 mata kuliah. ada satu mata kuliah yang konon katanya, salah satu dosen yang mengampu mata kuliah ini adalah dosen yang super duper disiplin dan killer. waow!

Beberapa kakak tingkat memang langganan menerima konsultasi perdosenan gratis dari adik tingkatnya. dan begitulah, kebanyakan kakak tingkat menyarankan untuk ambil mata kuliah ini saat dosennya ganti atau memberikan wejangan-wejangan bagi adik tingkat yang akan mengambil mata kuliah itu.

sebenarnya ada dua dosen sebelumnya. . tapi pas! dan sangat disayangkan, bahwa dosen pertama itu semester ini sudah pensiun. Rrrr...

dan saya akan menceritakan sedikit tentang dua dosen nyentrik ini. dua dosen yang mungkin akan menjadi legenda perkuliahan kampus Filsafat. lebaayy. tapi sebenarnya, cerita tentang dua dosen MMF ini merupakan analitis sintetis dari cerita-cerita yang saya dapat dari kakak tingkat. hehehe

baiklah, saya mulai dari yang lebih tua.
PAK dosen I
1. perawakannya: besar, tapi tidak terlalu, rambutnya tidak beraturan dan kebanyakan telah memutih. beberapa rambut malah tumbuh secara berlebihan di beberapa daerah. hahaha. ini tidak mengada-ada lho! namanya juga pendeskripsian. yah, sudah cukup usia yang jelas.
2. jarang memberikan kuliah yang relevan dengan materi mata kuliahnya. bayangkan saja, dalam perkuliahan beliau sering menerapkan metode perkuliahan yang aneh. kadang mahasiswa disuruh baca puisi di atas meja dan di depan audiens [nahlo!! apa hubungannya coba ama MMF?], kadang beliau bawa ular ke dalam kelas dan mahasiswa disuruh menyentuhnya, yang aneh lagi! waktu tes tertulis, soalnya bukan tentang materi MMF tapi begini: tulislah 50 point apa saja yang kamu inginkan dari perkuliahan dan dosennya/ yang kamu dapatkan dalam perkuliahan, dan soal-soal tidak lazim sejenisnya. hiyaaaaa
3. sering sekali ngasi tugas ke mahasiswa. tidak umum lah pokoknya
4. selalu teriak "Panta Rhei" di awal dan akhir perkuliahan. dan mahasiswa harus menjawabnya dengan teriakan "panta rhei" juga
5. dulu malah katanya pernah ke kampus naik kuda. hahaha. dosen yang aneh.

dosen yang satunya lagi.
PAK dosen II.
1. perawakannya biasa saja. rada botak di depan, berkumis.
2. disiplin minta ampun. jangan masuk kelas jika dosennya sudah di kelas. mahasiswa harus berpakaian kemeja rapi, dan bersepatu. tidak diijinkan bersepatu sandal. tidak boleh bicara saat dosen bicara, harus bawa materi kuliah dalam bentuk hand out. duduk harus sopan. jika ada yang melanggar salah satu dari yang aku sebutkan tadi, pasti disepaknya keluar ruangan perkuliahan.
3. kalau bicara sengak dan blak-blakkan
4. ujian lisan. diharapkan semua mahasiswa benar-benar belajar dalam mata kuliahnya
5. tidak suka memberikan tugas.
6. kebapakkan
7. bak pelawak saat memberikan joke di sela-sela kuliah

setelah mendengar cerita tentang dua dosen tadi, aku yakin dan percaya, pasti kebanyakan dari kalian juga lebih memilih dosen pertama. tapi....

aku KEBETULAN -kata yang sering dipakai khalayak ramai untuk menceritakan kejadian yang dialaminya-[padahal, tidak ada yang kebetulan di dunia ini kawan] mengambil mata kuliah ini semester ini. aku tidak peduli dengan rumor-rumor yang sudah tersebar tentang Pak JP. ini adalah tantangan bagiku. cailah! padahal aku sempat mau revisi KRS segala gara-gara rada takut ama kuliahnya beliau. tapi tadi, pagi tadi, hari ini, adalah perdana kuliah MMF. dan benar saja. semua kedisiplinannya terbukti. banyak yang telat dan disuruh keluar. ada yang duduknya tidak sopan dan kakinya terancam bahaya. tapi menit-menit berikutnya, perkuliahan berjalan sangat menyenangkan, padahal 3 sks. dan tahulah, 1 sks itu 51 menit. hhuu. beliau bagaikan pembicara dalam sebuah seminar dengan tema dan bahan yang menarik untuk diperbincangkan.

ada beberapa hal, terserah mau disebut pelajaran, informasi atau apa. ini dari beliau.
1. jika tubuh wanita dan pria disejajarkan dalam keadaan telanjang, bentuk tubuh prialah yang sebenarnya indah. begitu pendapat mitologi Yunani juga. namun, sekarang karna pengaruh budaya, tubuh wanita dianggap lebih indah karna memiliki lekukan-lekukan yang menyebabkan syahwat menjadi 'ehem'. padahal justru lekukan-lekukan aneh tubuh wanita itu adalah letak kejelekan bentuk tubuh wanita.
2. beda filsafat dengan ilmu lain. ilmu lain mempelajari banyak dari yang sedikit, sedangkan filsafat mempelajari sedikit dari yang banyak.
3. orang filsafat adalah orang yang pandai memlintir-mlintir perkataan.
4. pria itu adalah makhluk yang busuk dan menjijikkan. meskipun begitu, kita para wanita patut besyukur kepada Tuhan. karna pria itu makhluk yang menarik dan ngangeni.
5. selagi muda, pergilah ke seluruh penjuru bumi, dan temukan banyak hal di dunia ini.
6. jangan patah hati setelah putus cinta! rayakanlah! karena dengan putus cinta kesempatan untuk memperoleh yang lebih baik lagi terbuka lebar.
7. gaungkan di kepala kita setiap saat, sebelum tidur dan ketika bangun tidur, "kita bisa!"
8. pelajarilah banyak hal, bertemanlah dengan banyak orang.
9. hargai sendiri agar orang menghargaimu
10. rebut hati orang dengan gaya bicaramu.

menarik bukan? jadi, jangan takut untuk menjalani segala sesuatu yang susah. memang untuk dapat nilai A di mata kuliah ini tidak mudah, tetapi justru di sinilah kemampuan kita benar-benar diuji. jika kita sudah terbiasa dengan sesuatu yang susah, maka jalan kita dalam menghadapi segala sesuatu akan terasa lebih mudah. Semangat anak muda!!! pembaharu bangsa!!! HIDUP MAHASISWA!!

1 komentar:

dwi wahyu arif nugroho mengatakan...

hohoho
filsafat,,stahuku makna dibalk makna, arti dibalik maksud :D