Senin, 17 November 2008

ayoo hidup sehat!!

banyak hal yang aku mau bagikan buat kalian semua. supaya kita tetep sehat dan tetep semangat supaya bisa tetep jalan-jalan dan makan-makan bersama wisata kuliner. pokoke mag nyuuuusss. halah!

aku ambil artikel ini dari majalah prevention edisi agustus 2008.

1.buang atau simpan??
buah pir di kulkas terlalu matang?? jangan dibuang. buah yang sedang atau telah lewat puncak keranumannya ternya mengandung antioksidan nonflrescing chlorophyll catabolites yang membantu tubuh melawan berbagai penyakit, begitu hasil penelitian university of Innsbruck di Austria. untuk menyamarkan bentuknya yang tak lagi cantik, potong buah kecil-kecil, rebus dengan sedikit air hingga jadi saus kental. atau jadikan smoothies dengan bantuan blender dan es batu.

2.
pentingnya bawang putih. sejak ditemukannya potensi bawang putih sebagai antibakteri oleh Louis Pasteur pada 1858, bahan yang satu ini kemudian sering dijadikan bahan pengobatan. ini dikarenakan adanya kandungan allicin di dalam diiris. senyawa kimia penghasil rasa pedas dan bau yang tajam ini menjadi bahan dasar utama obat-obatan anti bakteri. di india dan cina, pengobatan dengan bawang putih telah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu.apa saja manfaatnya?
  • obat luka dan infeksi. di masa perang dunia I. para ahli bedah telah menggunakan bawang putih sebagai antiseptik. selain itu bawang putih juga bisa mengatasi infeksi, dan menurunkan demam.
  • pencegah stroke. menurut hasi penelitian Journal of the royal college of phisicians tahun 1993, konsumsi bawang putih selama empat minggu mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 12 %, bahkan bisa mencegah penggumpalan darah. penggunaan tablet bawang putih juga dapat mencehgah timbulnya stroke hingga 30-40%.
  • untuk kanker perut. allicin yang terkandung pada setiap butir bawang putihdapat mencegah perluasan kanker pada dinding perut. untuk itu mulailah dengan sebutir bawang putih setiap harinya.

Tidak ada komentar: