Kamis, 11 November 2010

welcome back!

Lama tidak bercerita yah? kangen? tentu saja aku kangen. Cuman, banyak hal yang membuatku begitu malas. Begitu asik dengan pikiran dan perasaan yang membludak dan enggan untuk diceritakan. Teman, pacar, keluarga mungkin menjadi kunomor duakan. Terlalu asik dengan diri sendiri. Ya, penyakit lama. Sudahlah, lupakan. Maaf yah semuaaa, maafkan untuk ketidakpedulianku ini. aku sayang kalian.

Kalian tentu tahu bencana yang menimpa negara kita belakangan ini. Banjir di Wasior, Tsunami di Mentawai, dan meletusnya Merapi di perbatasan DIY dan Jateng. Dan karena aku tinggal di Jogja, tentu saja aku merasakannya langsung. Walau aku bukan korban langsung yang diungsikan pemerintah. Tapi tetap saja, aku merasakannya. Semua orang sekitar merapi merasakannya. Sleman, magelang, boyolali, klaten, dan sekitarnya. Itu pulalah yang memaksa aku pulang. Karena mamah papahku khawatir. Selain aku memang harus pulang karena sudah dijadwal main musik di gereja. Dan aku sudah janji pada kak yoga untuk pulang minggu pertama bulan november.

Aku pulang hari Sabtu, karena Jumat itu menjadi jumat kampret sedunia. karena jumat itu membuatku gagal pulang. wtf. Dan Sabtunya, karena kereta ke Semarang baru ada jam 3 sore, sedang aku harus latihan musik jam 4, aku memutuskan untuk naik pramex dulu ke Solo, baru naik bus ke Semarang. Sendirian. Ya! untuk pertama kalinya sendirian. Aku berharap perjalanan itu bakal menyenangkan. Seperti petualangan kecil menuju Semarang. Sambil bawa kamera analogku untuk foto2. Tapi ternyata tidak begitu menyenangkan. Inilah beberapa cuplikan kejadian tentang perjalananku. Dan beberapa acara setiba di Semarang kota ATLAS, hais.. simak yaah..

1. Aku berangkat dari kosan sekitar jam setengah 8. mau naik bus ke stasiun lempuyangan, tapi gatau musti naik jalur apa. akhirnya aku putuskan naik taxi. di depan RS. panti rapih, biasanya uda ada banyak taxi berserakan, hash. pagi itu, mungkin karena masih pagi, dan jogja sedang kena musibah, maka tinggal satu taxi yang stay tune di situ. lalu aku menghampiri sopirnya.
aku         = Pak, taxi pak.
sopir taxi =kemana mbak?
aku         =lempuyangan pak
sopir taxi=25 yah mbak
aku        =(et! mahal amat) mahal banget pak, biasanya juga 15. 15 yah!
sopir taxi=duh, jangan mbak, gak enak ama tukang becak.
aku        =(heran, hubngannya ama tukang becak apa coba?!) Kenapa musti gak enak pak? kan pak becaknya juga gak tahu ini. gimana sih?
sopir taxi= lah! gimana sih mbak!? ini yang di sebelah saya tukang becaknya. hahahah. udah mbak, naik becak aja, deket kok..
aku        =(kaget plus geli) hah? hahahaha, oalaah pak pak. (kirain tadi itu cuman bapak yg lagi nongkrong aja). yaudah deh.

akhirnya aku naik becak. setelah tawar menawar, dan keknya, si tukang becak gak ikhlas sama keputusan akhir harga 10.000. abisnya waktu aku turun dari becak, ngasi duit, dan bilang makasi. tukang becaknya jutek banget gitu. mana gak bilang makasi lagi. huh! nyebelin.

2. loket stasiun belum buka coba! antrenya uda panjang minta ampun. Kayak mau nonton launching film aja. aku ikut ngantri lah. mau apa dikata, butuh tiket ini. setelah loket dibuka, dan aku sampai di antrean paling depan, aku segera meminta tiket kereta ke Semarang. nahlo! jadwalnya berubah, kereta ke Semarang baru ada jam 3 sore. padahal itu masih jam 8 pagi. walhasil, aku beli tiket pramex ke solo aja. nyampe solo baru naik bus ke Semarang. Sempurna! solo i'm coming..

Sebenernya uda kesekian kalinya ke solo naik kereta. tapi gak pernah sendirian. pertama kali ama mantan pacar (cieh) n sita. yang kedua ama anak2 kosan, dan ini yang ketiga!

3. waktu di kereta, trus ngeliat tiketya. tujuan stasiun jebres. aku bingung! padahal kawanku, Yoan nyuruh aku turun di stasiun balapan, biar bisa naik becak ke terminal tirtonadi. (ini benar-benar tolol, perhatikan!) lalu waktu petugas penarik tiket kereta tiba di tempatku, aku segera bertanya," pak, nanti berhenti di stasiun balapan gak?" bapaknya jawab,"^T#$@%^*(....jebres" pokoknya dia ngomong apa gak jelas banget. Yang jelas cuman terkhirnya doang: JEBRES. maksudnya apa coba?! dan ketolollanku berlanjut. aku langsung sms yoan. tanya apakah semua pramex akan melewati dan berhenti di stasiun balapan, kok tiketku tulisannya tujuan jebres bla bla bla. dan yoan, langsung membalas begini:"yovi sayaaaang, Jebres itu stasiun paling ujung di Solo. Jadi pasti tulisan di tiket pramex itu tujuannya Jebres. urutannya gini: Purwosari, Balapan, baru jebres. Jadi ntar, tuh pramex pasti berenti dan ngelewatin balapan. jadi ntar kamu bisa turun di balapan, trus naik becak ke terminal tirtonadi. deket kok dari balapan." bwahahahah LOL.. sumpah bego nian diriku ini, gatau apa2..

4. nyampe di balapan, naik becak. becak pertama kekeuh dengan harga 10rb. aku ogah. ini bukan pelit sodara-sodara. ini namanya prinsip ekonomi. becak kedua, deal dengan harga 7rb. perjalanan di becak biasa aja. kami melewati daerah di solo yang kumuh. orrgghh.. sesampai di terminal aku segera memberikan ongkos becaknya. selembar uang sepuluh ribu. dan dengan tampak tak berdosa. bapaknya memberikan selembar uang 2rb. lalu aku bilang ke tukang becak itu,"pak, katanya 7rb? kok kembaliannya cuman 2rb?" eh si bapak malah nyolot,"lha mbaknya punya seribuan gak?" aku  emosi, segera kubuka dompetku, berharap banget ada duit seribu. dan bener! satu lembar uang seribu. aku kasih ke bapak becak itu. lalu dia memberikan selembar uang 2rb lagi. gila yah! gak jujur banget tuh bapak. coba kalau dia bilang dia gak punya kembalian dan minta maaf, aku pasti ngikhlasin aja. dianya sok gatahu gitu, nyolot pula. masya allah...

5. di bus menuju Semarang, bikin keki minta ampun. gimana enggak?? 3 orang muntah di dalem bus patas itu. berasa dong gimana rasanya.. kepala langsung nyut2an minta ampun. stres! serong depan kanan muntah. serong belakang kiri muntah. baris kedua di depan muntah. suaranya ya ampuuunn...naudzubilleee

6. di angkot, dalam perjalanan ke rumah. ada dua orang ibu2 heboh ngomongin korban merapi. gini ceritanya.
ibu 1: aku ki wingi nonton tivi tho bu. (aku kemarin nonton tv bu)
ibu 2: heh eh, ana opo bu? (iya, ada apa bu?)
ibu 1: lah iyo bu, ono anak pengungsi korban merapi awak'e ki awu kuabeh. mesagke tenan. bar ngono, bapak'e bocah mau kuwi ki pikirane ning endi yo? anak'e mau ki mung dilap-lap thok nganggo gombal! lha mbok yo diadusi! aku ki sing nonton nganti gregetan. arep tak adusi bocahe kuwi mau! (lha iya bu, ada anak pengungsi korban merapi badannya penuh abu. kasihan sekali. sudah gitu, bapaknya pikirannya kemana yah. anaknya kok cuman dilap pakai kain gombal. seharusnya kan dimandikan. aku sampai gemas! rasanya ingin kumandikan anak itu tadi.)
ibu 2: (manggut2 doang, terpana ama ibu 1 yang heboh ceritanya) mesagke yooo.. (kasihan yah)
ibu 1: lha iyo! bapakke ki jan tenan og! rak mikir. mesagke tenan anak'e. reged awu kabeh awak'e. bla bla bla!! (lha iya! bapaknya bener2 deh! gak punya pikiran. kasihan bener anak itu kotor semua badannya oleh abu. bla bla bla!!)

aku yang ngedengerin rada emosi juga. si ibu tuh gatau sikonnya di sana. dimana air minim banget, udah gitu kamar mandi yang cuman segelintir disediakan buat seribu orang lebih. seringkali malah gak ada air. tapi aku juga cuman berhenti di emosi sendiri. gak sampai terlontar ke ibu di angkot itu. yasudahlah. geli juga ngelihatin ekspresi gregetan ibunya. hahahahah

7. sampai gang depan rumah, aku mampir indomart, beli 4 es krim buat dimakan bareng2 di rumah. ama beli yogurt. nyampe rumah langsung ngelihat kulkas. maklum, sudah sakratul maut. dari pagi belum keisi apa2 nih perut. mamah langsung protes. kenapa gak meluk mamah dulu malah nyari makan dulu. aku sebenernya enggan juga. badan kotor semua karena debu. duuuh, capeknyaaa.. abis itu langsung kalap makan. hekekeke. sorenya jam 4, harusnya latihan musik, jadi gagal. hujan deres. mamah juga gak ngijinin aku berangkat latihan ujan2 gitu.

trus sorenya si Carl sms ngajakin nyari mie ayam. fyi, dia lg pulang ke indonesia. matanya sakit, dan kemarin abis diperiksain di jogja. siangnya si carl sebenernya sms juga. mau jemput juga. tapi pulsaku abis. dan 2 smsnya gak kubales. mendadak dia telpon. "yov, smsku kok gak kamu bales?? nyari mie ayam yuk.. aku uda di depan gang nih.." aku kontan kaget. aku jam 7 mau pergi makan ama papahku. padahal mobilnya uda di depan. aku bilang aja sama dia. berasa gak enak. tapi mau gimana lagi.

jam 7 aku dan adikku ketemu papahku di warung steak mas agung (keponakan papahku). kakakku gak ikut. dia ada acara. trus ketemu mbak ari juga, keponakan papah yang lain. kaget juga ngeliat anak mbak ari, Tito yang uda gede banget. badannya besar. uda lama banget gak ketemu. dan uda pinter sekarang. bantu2 ibunya jualan. rajin banget pula. it's been a long time. sejak mamah papah pisah.aku sama papah seperti biasa, sedikit bicara. trus ngobrol2 ama mbak ari paling. si Tito uda kelas 3 sma ya ampuun.. trus mbak ari nyuruh aku untuk sering2 main ke rumah budhe dari papah. aku cuman mengiyakan sambil cengengesan. waktu si Tito menyajikan makanan pesananku, aku bilang,"makasi To.." lalu seketika dia bilang,"iya tante.." ya ampun! berasa tua banget gitu aku.. hahah terharu..  everybody are going old, aren't they? papahku malah dipanggil Tito dengan sebutan Mbah Jarwo. hekekek. tua banget rasanya.

sepulang dari makan sama papah. aku inget Carl. masih merasa bersalah. langsung aku sms dia ngajakin makan es krim. dan dia bilang,"ujan2 kok makan es krim sih yop", hahaha kalau aku mah, mau ujan, mau badai, es krim tetep nomor satu! tapi yodah, aku manut dia aja. baru nyampe rumah, mobilnya uda di depan rumah aja. buset dah nih orang, kek setan. tiba2 nongol. hahahah. lalu kami akhirnya pergi ngopi ke tembalang. gelas coffe lattenya segede galon. kayak gelas beer gitu. masya allah. sandwich pesenannya Carl juga segede gambreng. maklum porsi mahasiswa. soalnya tempatnya emang di deket kampus undip. setelah ngobrol panjang lebar, cerita2, kami pulang. nyampe rumah jam 11. dan aku baru tidur jam 1. online dulu.

8. minggu pagi itu, emang minggu yang sialan. bangun jam 6 dengan terkaget2 dan masih ngantuk. berangkat, baru stengah jalan ujan deres banget. cuman ada jas ujan celananya doang. mau nelpon papah, karena kebetulan lagi di daerah deket rumahnya, atau gak mau nelpon taxi, hape ketinggalan. keadaan uda basah kuyup. pas otw pulang juga kehujanan lagi. hawanya mau bunuh orang. emosi berat. dongkol mampus. mau nangis. gak enak juga ama kak yoga. udah gak latihan. gak tugas pula. emang hujan kampret. nyampe rumah langsung sms ka yoga. pasti kak yoga bete banget deh.


sorenya ketemu kak yoga di gereja tapi cuman dari jauh. dianya cuman ketawa. sebagai gantinya minggu depan aku dijadwal tugas lagi. abis dari gereja, aku sama mamah ngemall. uda lama gak jalan bareng. beli es krim crepes, widiiw, emang beda rasanya ama yg d jogja.. dan biasa cewe, kalau lihat baju.. hekeke.


9. senin ini aku berencana ikut kuliah arta. di arsitektur Undip. si yona, pacar arta yang juga kawan smaku uda ribut nyuruh aku berangkat. ternyata yona uda di rumah arta. dia emang bego banget. jadi ceritanya, dia abis dari kampusnya. manajemen Undip. dia gatau kalau hari itu dia gak ada kuliah. gak hapal jadwal katanya. pekok tenan. dan akhirnya dia ngapelin pacarnya, arta yang masih di rumah. sesampai di rumah arta, justru yona yang ngebukain pagernya. si arta baru mau siap2. astajim. dan mumpung ada yona, si arta minta yona untuk nyetirin. lumayan, gak berpanas2 ria. soalnya kampus undip  yang di tembalang ini jauhnya minta ampun.

sampai di kampusnya boriing banget. nungguin arta nunggu dosennya. dia mau konsultasi tugas. tapi ternyata dosennya baru bisa melayani konsultasi jam 4. kampret. dari jam 12 sampai jam 2 kami cuman luntang luntung gak jelas. temen2 arta ini tipikal cewek2 anteng plus jaim.ngobrolnya sesama temen aja kayak orang yang baru kenal. jadi aneh ngeliatnya. beda ama temen2 kampusku yang hebring, urat malunya juga uda pada putus. huhuu jadi kangen kampusss... jam 2 akhirnya kami kuliah. dosennya lumayan asik. tapi mendadak arta panik. si dosen mau ngumumin nilai. dan mahasiswanya ditanyain satu2 nomer mahasiswanya. takut ketahuan, si arta langsung nyuruh aku pura2 ke kamar mandi. temennya arta malih punya ide gokil, aku disuruh sembunyi di balik bangku kuliah. tapi aku memutuskan rencana pertama aja. kabur keluar. lagaknya ke kamar mandi. hahaha. gila. eh oya! aku lupa cerita yah? ada satu cowo temen arta lucu. namanya Agasi. namanya aja udah unik, anaknya apalagi. hidungnya mancuuung banget. kulitnya sawo matang. rambutnya rada gondrong sebahu, berponi. cakep, manis, wajahnya tipikal orang india dengan hidung bengkok. mirip banget kayak Amitabacan. hihihihi. tapi dooong kalau ngomong, semarangannya jelas banget. jowo banget, medok banget.. hahahah..
setelah kabur ke kamar mandi, aku masuk lagi. dan ikut kuliah lagi.. merhatiin temen arta yang presentasi. hahaha, ternyata semua kampus sama aja.. detailnya males njelasin. hekekeke.. dan ternyata aku bertemu kawan smp. dia sempet kaget juga kenapa aku bisa ada di kelasnya. tapi, begitulah kawan. waktu terus berjalan. dulu smp, kami yang begitu akrab, kini seperti orang asing. gak lama juga ngobrolnya.

trus abis kuliah pertama, aku nungguin arta konsultasi tugas ke dosennya. uda mulai laper. sepagi belum makan nasi. baru makan salad ama kolak pisang. ck! arta tahu dan sadar betul aku bosen. dia cuman cengengesan. hahaha. sebenernya aku gapapa. setidaknya dulu, aku sempet bercita-cita jadi arsitek. apalagi si mamah. ngotot banget aku jadi arsitek. ngeliat gambar2 yang ditempel di dinding itu pun aku jadi mbatin,"kalau masalah gambar2 gini doang mah, gw juga bisa." hahahah, gak tahu diri! jadi lumayan seneng juga bisa ngrasain kuliah arsitek. waktu diajakin kuliah selanjutnya, yang ternyata ujian remidi, aku buru2 nolak. aku minta nunggu di kantin aja sambil makan. uda laper plus garing. si arta manut aja. padahal itu ujian mulainya jam 4 dan selesai jam 6. mampus gak tuh. akhirnya aku nyuruh yona ke kampus, si arta juga sms yona buat nemenin aku. jam setengah limaan, yona baru nongol. dia akhirnya ngajakin aku jalan muterin kampus undip tembalang, masih dengan mobil arta. et dah! mereka uda kayak suami istri aja. di mobil, kami ngobrol panjang lebar. jadi inget waktu sma kelas satu. aku sempet deket ama yona dan naksir dia. tapi justru si yona suka dan jadian ama arta di kelas 2. anehnya, aku gak sedih sama sekali. justru seneng, soalnya arta emang orangnya baik banget. cocoklah mereka pokoknya. heheheh

jam setengah 6 kurang, arta uda selesai dari ujian. lalu kami pulang. sempet makan nasi pecel dulu, tapi aku ogah makan. uda kekenyangan makan nasi uduk di kantinnya kampus arta. lalu setelah nyampe di rumah arta, leyeh2 bentar, sekitar kam setengah 8an malem baru pulang. di jalan kehujanan, basah kuyup lagi. nyampe rumah, uda capek, basah kuyup, kedinginan pula. mamah pergi. lalu aku langsung mandi. abis mandi langsung tepar, tidur.

10. selasa paginya batukku gak karuan. gak berhenti2, badanku juga remuk, mriang. bangun, rencana mau pipis, tapi kamar mandi dipake, muka rasanya gak enak. ke belakang, nyari air. ketemu mamah. terus tidur lagi. di kamar baru inget, kalau hari itu ultah mamah. terus aku bangun lagi. ngerasa gak enak juga belum beli kado. terus bangun, nyamperin mamah yang di dapur, terus meluk n nyium mamah, ngucapin selamat ulang tahun, dan bilang kadonya nyusul. tapi pulang dari kantor, sampe malem, mamah kelihatan bete. aku disuruh baca blognya. waktu aku baca, bener! mamah kecewa ama aku yang uda gak kayak dulu yang care banget. katanya ucapan met ultahku hambar dan terkesan gak niat. gak kayak mas kevin yang ngucapin pas jam 2 malem sambil meluk n nyium. gak kayak biasanya yang gak manis sama sekali. aku ngerasa bersalah banget. padahal beneran deh, pagi tadi badanku remuk redam, meriang gara2 semalem kehujanan dan kecapean seharian pergi. aku gak bermaksud gitu sebenernya. masak sih aku tega banget gitu. udah gitu, aku juga merasa bersalah banget, belum sempet ngasi kado pas hari ultahnya mamah. sedih. tapi tambah sedihnya, aku mati gaya, gak bisa ngapa2in.

11. rabunya mamah justru ngomong langsung ke aku perihal kekecewaannya. dan suasana hati mamah yang belakangan sensitif karena berbagai macam hal, gak cuman karena aku. nohok banget. akhir2 bicara, mamah nangis. aku yang biasanya lihat mamah nangis langsung ngelus2, meluk, ini malah diem aja. mati gaya. bingung mau ngapain. bego banget sumpah. maaf pun gak keluar dari mulutku. ngerasa bersalah. jelas! mengutukki diri sendiri. jelas! akhirnya aku cuman diem aja, nangis juga. maaf maah.. sungguh.. aku gak bermaksud gitu... aku akui, aku lagi hambar2nyaa.. gatau kenapa.. aku apatis. badanku juga seringkali berasa gak enak.. maaf yah maaah.. maaf kalau aku gak gentle n pengecut. jangan sedih lagi yah maaahh...

12. kamis, untungnya hal yang kutakutkan gak terjadi. waktu aku bangun, mamah uda biasa aja. ngajak bicara kayak biasanya. aku lega. dan waktu lagi online, mendadak si banu nelpon. sebenernya uda dari selasa dia ngajak jalan. tapi emang dasar si banu. suka mencla mencle. heheh. peace nu! hari ini dia minta ditemenin check lab. soalnya dia dicurigai sakit jantung. soalnya tangannya suka keringat dingin. abis itu juga mau hunting foto. yah daripada di rumah, aku mau aja. oya, fyi, si banu kemarin selasa waktu nelpon, sempet cerita kalau hari sabtu, hari yang sama ketika aku balik Semarang, si banu balik Semarang juga, tapi naik BUS!! ternyata hari sabtu, jalan magelang uda dibuka. dia ketawa waktu aku cerita pulang lewat Solo. "siapa suruh gamau pulang bareng aku", katanya. kampret tuh anak.. hahahah yaudah, nasi sudah menjadi susur. hash!

jadilah aku hari ini, dari jam sebelas nemenin dia check lab, trus ditraktir makan nasi pecel bu Sumo, abis itu ke masjid agung untuk kesekian kalinya. ampe bosen. tapi kesian si banu belum pernah ke sana. hahaha, kemae aja lu nu?! nyampe rumah jam 3.

masih ada beberapa hari lagi di Semarang. sampai hari minggu. Semoga menyenangkan. Semoga semua baik saja. Semoga sehat. Semoga hari minggu cepat datang. Kangen Jogjaaaaaaaaaaaaaaa.. Sumfah! ane zuzuuurrrr... hahahahah

2 komentar:

Isal World mengatakan...

wah ceritanya begitu lengkap...


salam kenal dari isal,
isalworld.com

rini ganefa mengatakan...

nggrantes.... swear! ma ga ingin hadiah. ma cuma ingin meminta perhatianmu dan kesehatanmu. jangan setiap pulang disuguhi badan sakit. lha di jogja kerjanya ngapain? asal pulang sakit melulu?