Sabtu, 04 September 2010

buat semua pria di seluruh dunia


Sekarang nama di FBku ganti. Dan ketika banyak yang tanya kenapa, aku jawab santai. Biar kelihatan lebih maskulin. Hehe. Dan pernah suatu ketika aku membuat status. Yang intinya, jika aku dapat kesempatan kedua, aku ingin terlahir sebagai pria. Dan yang aneh, memang prinsipku banyak berubah seiring waktu dan perkembangan iptek. Asal tahu saja, dulu aku begitu memuja yang namanya wanita. Maksudnya, kalau diberi kesemptan kedua pun, aku tetap ingin menjadi wanita. Tapi sekarang berbeda saudara-saudara. Zaman merubah segalanya, pola pikir merubah segalanya. Termasuk pengalaman dengan beberapa pria yang membuatku kecewa. Karena banyak pria yang tidak berlaku selayaknya seorang pria. Dan rasanya ingin sekali aku menjadi pria yang memperbaiki segala kekecewaan itu. Menjadi pahlawan kesiangan. Hahahah

Dari kecil sisi maskulinku memang mendominasi. Mungkin karena kakakku cowok. Mungkin juga karena mamahku feminis abis. Hahaha. Yah begitulah. Tapi katanya, wanita maskulin lebih cerdas dari wanita feminine lho! Coba dikroscek sendiri aja deh.. Jadi nanti akan coba aku paparkan berbagai macam kekecewaanku terhadap para pria dewasa ini. Dan banyak juga saran, tips dan trik juga buat para pria yang ada di seluruh dunia.
1.      Hai para pria! Be gentle!
Gentle ini kategorinya banyak banget. Maksudnya yah kalau jadi cowo tuh mbok ya yang berani. Jangan ingah-ingih kalau orang jawa bilang. Yang tegas. Berani bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan. Berani ngomong cinta kalau emang cinta. Dan  berani mengambil keputusan! Jangan manutan! Apalagi ama cewe. Mau-maunya diatur2 cewe. No way lah yaw!! Hahaha
2.      Sebelum dilanjutkan, mau kuluruskan dulu. Jadi, di sini, kedudukanku adalah seorang pahlawan kesiangan, bukan seorang feminis. Karena kalau kedudukanku feminis, aku gak bakal nuntut bahwa pria seharusnya begini terhadap wanita, pria seharusnya begitu, atau, tidak semua pria yang seharusnya membayari makan ketika ngedate, dan bla bla bla. Karena kalau feminis, berarti kedudukan pria dan wanita jadi sama. Jadi, memang yang kupaparkan di sini adalah semua yang harus dilakukan pria! Etika seorang pria! Tugas seorang pria! Terlepas aku yang tidak sexist dan tidak mengenal gender. Untuk persoalan tertentu siiihh.. hhhee
3.      Suatu kali, waktu aku pergi rame-rame bersama kawan-kawanku di salah satu mall di Semarang, sewaktu kami menyeberang jalan, tiba-tiba tangan kawanku yang seorang pria menggandengku. Kawan dekat memang. Dan setelah selesai menyeberang, dia melepaskan gandengannya. Dan memang begitulah yang dia lakukan jika dia menyeberang jalan bersama seorang wanita. Dia selalu berusaha melindungi, menggandeng, berada di sisi berlawanan dengan arah jalan. Kalau arah jalan ke kiri, berarti dia ada di kanan si wanita. Begitu pula sebaliknya. Dan yang perlu digaris bawahi. Dia bersikap begitu sebagai pria! Toh kami tidak berpacaran dan semacamnya. Itu gentleman! Tapi, bisa disesuaikan, kalau belum berani menggandeng, cukup berada di sisi lawan arah jalan saja. Dan jangan biarkan wanita menyeberang sendirian!! Itu pengalamanku, dan aku bangga jika pria bisa bersikap seperti itu.
4.      Jangan jadi pria yang terlalu banyak omong!! Apalagi omong kosong!! Jangan terlalu doyan mengomentari orang. Hargamu akan turun anjlok seanjlok-anjloknya biarlah cukup kodrat wanita saja yang doyang cecet cowet. Tapi maksudku, banyak omong di sini adalah banyak omong yang gak mutu. Kalau mutu sih, sok sok aja atuuh.. :)
5.      Jangan mau dibayarin ama cewe! Jangan ngajak jalan kalau gak punya duit! Kecuali uda janjian cewenya yang mau nraktir. Atau kalau emang uda sahabatan lama. Tapi dilarang keras buat yang dalam rangka pedekate apalagi pacaran!! Malu-maluin aja. Kalau gak modal, jangan berani2nya deketin cewe apalagi nembak cewe. Sungguh terlalu.
6.      Sebisa mungkin yah, jangan lah hai para pria meminta pertolongan ke wanita yang sebenernya itu kerjaan sudah seharusnya bisa dilakukan pria. Tahu sendiri lah apa aja itu contohnya.
7.      Be wise and confident. Sejelek apapun fisik seseorang, dia pasti punya sesuatu yang bisa ditonjolkan. Jadi jangan minderan kalau jadi lelaki! Pede! Itu penting. Dan jangan sekali-kalinya menganggap remeh perempuan!! Perbuatan itu sangat terkutuk jika benar2 kalian lakukan. Apalagi jika berani-beraninya merendahkan perempuan. Ck ck ck. Terkutuk tujuh turunan ntar kalian.
8.      Jangan jadi peragu. Yakinlah!
Special untuk masalah asmara. Terlalu banyak kasus, dari buku yang kubaca, dari pengalaman kawan-kawanku, dari pengalamanku juga. Banyak pria yang cemen mengungkapkan isi hatinya. Banyak pria yang ragu-ragu mau bilang cinta atau tidak. Banyak pria yang jaim menunjukkan perasaannya. Oh come on dude.. you are guy!! So act like a guy..
Suatu kali, temanku perrnah naksir pada seorang gadis. Dan sudah 2 tahun dia diam2 mencintainya. Tapi tak pernah ia ungkapkan. Setelah itu, si gadis, bertunangan dengan seorang pria. Kawanku patah hati. Dan ternyata, menurut pengakuan si gadis.  Si gadis sudah menunggu kawanku ini menyatakan cintanya selama dua tahun pula. Tapi kawanku tak kunjung mengucapkannya. Dan ketika kawanku memberanikan menyatakan cintanya, semua sudah terlambat, hati si gadis udah untuk pria lain. Kalau dari sudut pandang feminism, memang keduanya salah, tapi kalau dilihat dari sudut pandang lain. Jelaslah si kawanku ini bego gak ketulungan. Cemen. Dan akhirnya dia sendirilah yang menelan kepahitannya. Sukurin lu! Hahaha

Aku berkali-kali memberikan saran ke kawan-kawan cowokku. Cinta itu butuh perjuangan brur! Kalau cinta sama seseorang, bilang! Usaha! Jangan diem aja.. Selama janur kuning belum melengkung, hajar aja! Dan jangan takut kalau si cewek lagi deket ama cowok manapun. Selama belum jadian n belum nikah, perjuangkan cintamu! Menangkan hati wanita yang kamu cintai. Kalau prinsipku sih gak jauh2 beda ama lagunya DEWA,” aku bisa membuatmu ..uu.. jatuh cinta kepadaku meski kau tak cinta, kepadaku..” hahaha. Kalau masalah cinta, kita memang kudu egois dikit. Lebih baik satu yang patah hati, daripada 2 yang patah hati. Itu kalimat dicerna sendiri aja lah, capek njelasinnya. Hahahah. Yang jelas, kalau kamu cinta seseorang, katakan! perjuangkan! Jangan diem aja. Jangan takut ditolak! Hidup itu gambling, kalau gak diterima, ya ditolak, kalau emang cinta mati, yah coba dideketin terus, kalau ceweknya mentok bener2 gamau, baru lah cari yang laiiinn. Gitu aja kok repot..
9.      3 hal yang harus dimiliki seorang pria: wajah tampan, uang, dan otak. Paling gak, harus ada salah satu yang pria miliki. Tapi kalau gak punya salah satu dari itu, ke laut aja deh buruan!! :D
10.  Be active and expressive!! Terutama bagi yang udah punya pacar. Wanita adalah makhluk teraneh kedua setelah alien. Wanita itu butuh kejelasan, butuh dipuja, butuh diperjuangkan. Jangan cuman ngomong cinta tapi gak ada tindakan! Non sense! Atau tindakan terus, tapi gak pernah ngomong cinta. Mana tahu si cewe kalau kamu cinta? Kalau uda punya pacar, ya mbok dipertahanin, jangan dibiar-biarin.. entar kalau direbut orang baru kelabakan.. huu, basi! Kalau mencintai sesorang, ekspresikan dong! Jangan malu! Asal masih dalam taraf kewajaran. Gandeng tangannya kalau lagi jalan. Belai rambut dan kepalanya di sela-sela waktu. Puji penampilan atau prestasinya. Beri dia kejutan-kejutan kecil, hadiah-hadiah kecil. Gombal-gombal dikit gapapa kok sumpah! Hahaha. Semua orang suka diperlakukan seperti itu! Terutama wanita! Jangan sekali-kali memuji wanita lain di depan pacarmu! Jangan ngomongin mantan pas lagi pedekate ama cewe, kecuali kalau ditanya. Jaga pandangan kalau lagi jalan ama pacar (jangan jelalatan maksudnya), jangan sekali-kalinya bersikap kasar!! Itu perbuatan terkutuk!! Jangan buat wanitamu menangis!!
11.  Jadilah pria yang harum dan good looking. Tidah harus tampan, tapi sedap di cium dan dipandang. Penmpilan itu penting cuy!
12.  Inisiative!! Itu yang musti para pria miliki juga. Jangan mau kalah ama wanita.
13.  Harus serba bisa! Malu dong kalau cewek bisa tapi cowo gak bisa.
14.  Jangan sok kuat! Ada kalanya pria menangis dan merasa sedih. Seorang pria bukan berarti harus kelihatan fine, padahal sedang rapuh. Sok-sokan ketawa, tetapi hati menangis. Ayoollaaah, pria juga manusia. So be honest guys.. tapi jangan terkesan lembek aja, dan jangan terlalu berlebihan dan mendramatisasi kesedihanmu, apalagi untuk mendapat simpati seorang wanita. Hiyaks.. Jangan sok kuat! Jangan terlalu menye2! Yang wajar saja..
15.  Jadilah pria yang hangat. Yang selalu akan dirindukan banyak orang. Yang dewasa dan bijak. Yang loyal dan royal. Yang menghargai dan menghormati perempuan. Yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Yang teguh pada pendirian. Yang pintar dan terampil. Yang kreatif dan humoris. Yang kharismatik dan romantic. Yang berani dan bisa diandalkan.

Jadi, ayo dong para priaaa, act like a guy.. Kalian manusia pertama yang diandalkan Tuhan sebelum muncul wanita. SEMANGAT!!

4 komentar:

Only Digital Binary mengatakan...

coba gugling keyword: tidak semua laki-laki oleh basofi sudirman. hehehehe

satya bercerita mengatakan...

wah,aq rak mlebu blas kriteria pria yang dicari wanita to dek?ha ha ha
1. menye2.,
2. ingah ingih ma cewek.,
3. cerewet atau banyak omong.,
4. kadang ragu2 buat ngambil keputusan.,
5. "3 hal yang harus dimiliki seorang pria: wajah tampan, uang, dan otak. Paling gak, harus ada salah satu yang pria miliki. Tapi kalau gak punya salah satu dari itu, ke laut aja deh buruan!! :D" opo meneh iki..ha ha ha
6. sedikit lebay kalo lg sedih.,
7. aq lebih ke feminim dari pada maskulin.,( masak ayok, njahit ayok, giliran suru flying fox'an di umbul sidomukti, ntar dl deh sambil jalan mundur.,ha ha ha)

tapi yang jelas semua itu relatif dek,.tergantung ma seberapa jauh usaha yang dilakukan seorang pria dalam mempertahankan pasangannya juga sebaliknya,be gentle bagi seorang pria pun ternyata berbeda beda lho angapan wanita tentang tingkat gentlenya pria.,ha ha ha, sama satu lagi,.tergantung bagaimana kita dengan ikhlas menerima kondisi pasangan kita.,sebenernya cukup satu kriteria pria yang dicari wanita.,mau berkorban, tanpa pamrih, untuk mebahagiakan pasangannya.,udah mencakup semua tuh..

yovi amanda sudjarwo mengatakan...

ndoro: hahahaha

yovi amanda sudjarwo mengatakan...

kak satya: itu bukan kriteria pria yg dicari wanita. itu adalah hal2 yang sudah seharusnya dimiliki dan dilakukan pria. dan untuk urusan bagaimana wanita menyikapi pria, itu urusan mereka. yang jelas pria seharusnya gitu. kalau wanitanya pengertian, yo bagus noh..

tolong dicermatin lagi kalimat perkalimat. kayaknya kakak belum mudeng deh.. ehehehe.. selamat berubah!