Minggu, 01 Agustus 2010

penyusup kampus! (sabtu, 31 agustus 2010)

hari ini aku kedatangan teman kuliah yang lama gak kelihatan di kampus. setengah tahun lebih. dia sahabatku sebenernya. temen main, jalan, dan seringkali menemani hariku yang kadangkala sunyi sepi dan sendiri aku benci. hash! rame mampus anaknya. suaranya kenceng kayak toak. hekekek. namanya unip.

pagi-pagi jam 7 udah nggedor pintu. "yop! yop!" kontan, aku yang lagi menikmati tidur terperanjat dan bangun. "oh! iya nip! bentar!" secara, semalem aku tidur larut lagi. gara2 skype-an ama temen gitu, gak jelas banget lagi. waktu koneksinya bagus, microphonenya sana bermasalah. jadi video call-annya terganggu. dia bisa denger suara dan lihat wajahku, tapi aku gak bisa denger dia. cuman bisa lihat wajahnya yg komat kamit gak jelas.akhirnya cuman ngechat bisa aja. pake skype saudara-saudara! sungguh terlalu! ngapain pake skype kalau cuman chat gitu doang?? mending pake chat FB kemana-mana atau YM juga kemana-mana. tapi YMku gak bisa ding! rusak, damn kampret. ahaha. cuman emoticonnya di skype lucu-lucu. dan aku semacam anak kecil yang dapet mainan baru. main chat pake emoticon yg aneh-aneh. ngobrolnya cuman dikit.

oke! kembali ke topik. lalu aku memeluk temenku itu yang sudah cukup lama tidak bertemu. masih rada-rada sempoyongan. bangun tidur cuy! lalu aku balik ke tempat tidur, mengumpulkan nyawa yang tertinggal di kasur, sambil ngobrol ama temanku. sarapan, nonton film, online. sampai bosen. dia ngajak aku jalan. aku excited! aku pengen sekalian hunting foto. tapi gatau mau kemana. akhirnya dia mengajakku ke UNY. Universitas Negeri Yogyakarta. yang katanya, hari itu sedang ramai karena TM (technical meeting) buat OSPEK. aku setuju!

karena dia gak bawa motor. akhirnya kami putuskan untuk menggunakan alat transpotasi lain. sepeda! aku punya sepeda. tapi dia? untung ada satu sepeda yang nganggur di kosan. si pemilik, si Ulil, ntah pergi kemana. akhirnya kupinjam dulu tanpa meminta izin. heheh maaf yah Ulil, pinjem bentar yah.. lha wis gak ada siapa2 je di kosan. tancap gan! berangkatlah kami di siang bolong naik sepeda ke UNY. mampir ke FDI dulu beli 2 film yg gak meyakinkan. tapi sebodo amat. yang penting bisa mengabadikan gambar.

sampai di UNY. kami parkir sepeda, trus asal masuk masuk aja tuh ke kampusnya. udah dengan pede 1000%, hebring gila! jalan2, foto2, ke berbagai fakultas yang ada di UNY. kadang si unip rada malu dengan tingkah polahku yang sok motografer abis. gak si unip doang kayaknya. anak UNY lain juga kayaknya. eheheh. gimana enggak, aku ngambil gambarnya kan deket2 tuh. close up wajah seringkali. dia jadi rada malu dan heran dengan attitudeku yang mungkin sedikit berlebihan bagi dia..ya jelas lah. lensa segini doang, mana bisa candid dari jarak jauh. aneh-aneh aja. tapi akhirnya dia bisa menerima sikapku dengan lapang dada dan tulus ikhlas. dan kembali menemaniku berkeliling untuk mengambil gambar. aku lebih suka tema human interest anyway. daripada momment or pemandangan alam or objek benda mati. entahlah. ekspresi orang-orang, daya tarik sosial masyarakat terlebih menarik menurutku.


sampai pada jurusan otomotif. kami mulai menjelajah lagi. ada sekumpulan senior berjas almamater biru. manggil-manggil, minta difoto. cowok semua. dasar ganjen! ahahah. tapi ya akhirnya aku ambil juga foto mereka. lalu kami berlalu. dengan sedikit sapa sok asik tapi sebenernya males banget. gak ada yang ganteng sih! hahaha. lalu aku menuju ke lapangan yang berisi para MABA yang sedang duduk di bawah mendengarkan pengarahan senior untuk hari senin esok. aku mulai ambil gambar. dan aku menyadari, ada satu senior yang memerhatikan tingkahku, lalu dia menghampiriku. aku mulai merasa ada sesuatu yang tak beres. mampus! dalam hatiku.

"maaf mbak, darimana?", kata mas-mas itu. aku sok cuek, sok tenang. padahal deg-degkan. mampus! lagi! kataku dalam hati.

sebenernya pengen kujawab "barusan kok" sebagai pengganti "dari tadi", soalnya emang baru dateng dan baru moto2. tapi kuurungkan. bukan saatnya bercanda gan. aku jawab, "dari UGM mas, filsafat"

" dalam rangka apa nih?" kontan, aku bingung, takut kalau salah jawab. masak mau dijawab,"iseng aja"? gak mungkinlah! bisa diusir secara tidak terhormat aku nanti. memalukan, harga diriku bisa anjlok dan gak naik2 ntar. lalu akhirnya kujawab dengan sedikit gugup, tapi tetep meyakinkan.

"oh! ini untuk majalah buletin kampus mas(saking nervousnya sampai nyebut majalah buletin. hahaha). kami mau ngeliput kegiatan tehmit dan OSPEK di beberapa kampus, gak cuman UNY doang kok, ntar kampus lain juga bla bla bla, nama organisasinya bla bla (kalau UNY menyebutnya HIMA, Himpunan Kampus)  (sumpah! ini bego banget! bisa-bisanya aku nyebut organisasiku yang sama sekali gak ada acara peliputan ini. ngapain juga ngliput beginian! jaka sembung lah! gak nyambung! orang mapala kok ngeliput acara OSPEK ahahaha), dan bla bla bla, bla bla bla, bla bla bla", aku nerocos. masnya cuman ngangguk-angguk dan mengajukan beberapa pertanyaan lagi seperti; dimana letak sekretariatnya, jurusan apa aja yang ada di fakultas kami, dan bla bla bla. dan aku juga basa-basi tanya tentang bagaimana pendidikan otomotif dan bla bla bla. sampai kusadari, masnya manis juga. hihihi. skip!

lalu, eh tunggu! aku jadi sadar akan sesuatu hal. tadi kukira aku bakal diusir secara tidak terhormat, tapi kok ini malah jadi ngobrol?? lalu segera kucari tahu jawabannya.


"Lho! eh! mas! jadi ini sebenernya aku boleh ngambil gambar gak sih??" masih bingung dengan pa yang terjadi.

"boleh lah mbak! ambil aja",

"bener nih mas? dari deket juga gak papa?"

"bener! mau ngambil close up wajah doang juga gak papa kok, heheheh"

aku ketawa, sambil mbatin,"WTF! &*^%$#@(+}{%$, trus ngapain coba tadi aku musti berbusa-busa ngarang n boong, njelasin panjang lebar, ampe takut dimarahin n diusir secara tidak hormat segala lagi!! kampret! " hahahah, tapi lalu, sebodo amat ah! yang penting bisa foto2. kesiyan juga nih MABA, masak gak difotoin? masak gak ada sie dokumentasinya? sungguh terlalu.

lalu setelah selesai, dan masih dengan kedongkolan tadi, aku cabut. si unip menenangkanku dengan bilang,"halah, masnya cuman caper aja tuh tadi, hahaha", "sialan banget deh ah", batinku.

lalu kami melewati senior2 tadi yang heboh minta difoto lagi. aku cuman nanggepin garing, trus cabut ke lokasi selanjutnya. lokasi pembangunan entah gedung apa. kali ini para tukangnya yang hebring minta difotoin. hahaha. aku bercandain aja dengan bilang,"iya iya bentar, semuanya difoto, tapi yang alami yah, jangan bergaya.." hekekekek. aku mulailah sesi pemotretan itu dengan senyam senyum dan ketawa ketiwi tiada henti. tukang2nya seru-seru mampus. lucu2! heheheh

hari itu, adalah hari yang super seru! setelah lama gak hunting foto, dan akhirnya hunting dengan suasana yang berbeda. gak kayak hunting biasanya. ditemenin unip pula! seru lah pokoknya. naik sepeda juga panas-panasan. mantaf gan!! you must be try it!! with different way is also pretty okay!! see yaa!!

oya lupa!! ntar aku kasih tunjuk hasil jepretanku itu. di postingan selanjutnya yang jelas!! ditunggu ajah!! salam blogger!!

Tidak ada komentar: