Jumat, 16 Juli 2010

Adikku (yang metal) dan sekolah barunya

Senin yang lalu adalah hari pertama adikku Amy mengikuti MOS, begitulah seharusnya. FYI, dia ini baru lulus smp dan akan masuk sma. Adikku yang satu ini metalnya minta ampun. Apa itu metal?? nama aliran musik yang gedebrukan itu yah?? bukan bukan, metal itu sejenis sifat yang mungkin cuman ada di kamus beberapa orang yang kadang-kadang juga metal. jadi apa sih metal itu?? kok malah jadi muter-muter. jadi, metal itu sifat-sifat yang melewati garis kewajaran, berani berbeda, bisa negatif, bisa positif, yang jelas bukan sifat biasa dan kebanyakan. ngerti gak?? kalau gak ngerti, dingertiin aja deh! gak pengertian banget siihh.. hash!

baiklah, akan kuceritakan dari awal kedatangannya ke sekolah untuk membahas tentang MOS. Jumat yang lalu adalah kedatangan perdana setelah dia diterima di salah satu SMK swasta katholik. dia masuk jurusan multemedia. gila yah, masih sma uda pake jurusan aja. ini uda mulai metal nih. Lho! kok semua jadi disebut metal yah??? gak laahh.. hehehe. begini, jadi, dia sudah diberi list dari sekolah tentang barang apa aja yang harus dibawa, dan semua tetek bengeknya. tapi emang dasar zaman sekarang, gamau susah, cuman mau gampangnya aja, diberikanlah list itu ke papah untuk dicarikan dan dibelikan semua keperluan dalam list. tapi sebenernya gak juga sih, soalnya si adikku ini hari jumat sampai minggu main-main ke jogja sama mamah. tapi kalaupun dia di semarang, pasti tetep aja dia nyuruh papah atau kakakku. sebenernya mana sih yang bener?? yah pokoknya gitulah.

tapi si papah memang cerdik dan gamau repot juga. papah akhirnya nyuruh kakakku untuk nyari keperluan MOS adikku dan memberikan uangnya. jadilah kakakku yang repot cari ke sana kemari.

minggunya, sepulang dari jogja, kami (aku, adikku, mamahku) sudah dicengangkan dengan barang-barang keperluan MOS adikku yang bertebaran dimana-mana, rumah berantakan banget.. itu bukan hal yang luar biasa, rumah kalau ditinggal mamahku emang jadi gak karuan. ck ck ck.. si amy(nama adikku) yang sepertinya tidak terlalu capek dengan perjalanan jogja-semarang dan excited banget dengan persiapan MOS segera menyiapkan segala macamnya.

Senin pagi, aku masih tidur, kakakku apalagi, mamahku uda teriak-teriak gak jelas. membangunkan adikku yang sudah telat banget bangunnya. dan ketika dia bangun, bukannya langsung mandi, malah leda lede dan kembali mempersiapkan keperluan MOSnya yang ternyata belum kelar semalam. mamahku naik pitam. ngomel-ngomel, aku jadi separuh bangun. lalu aku dibangunkan paksa untuk mengepang rambut adikku dan mengikatnya dengan pita merah putih. RRrrr!!! membetekan sekali saudar-saudara. mana aku gak jago ngepang lagi. jadilah kepangan itu rada-rada nyeni:P. lalu, kembalilah aku pada tidurku yang tertunda. tau dong kalau libur gimana??

sepulang dari sekolah, entah ada apa gerangan, muka adikku kusut minta ampun, kayaknya kalau disetrika gak mempan, mungkin kalau dikasih Rapika baru mempan. hash! dia langsung menjatuhkan tasnya, lalu menjatuhkan diri ke kasur depan tv. bruk! mukanya tenggelam di bantal. aku cuman memandangi. gak berani nanya-nanya. yang jelas, aku dan kakakku langsung ngerti kalau hari pertama MOSnya gak asik pake BEUD.. kami diam saja. dia pun diam tak mau bercerita.

Keesokan harinya. dia mogok sekolah, dia mogok MOS. dan kalau sudah begitu, kami, aku kakakku mamahku sudah angkat tangan. dia di rumah seharian masih mengenakan seragam smp yang sejak kemarin senin pulang dari MOS hari pertama belum ditanggalkannya. gila! metal banget gak sih adik gue?? haha! edan! baca komik terus-terusan. aku naik pitam, aku ambil komiknya, aku suruh dia mandi. baru perintah ke seribu kalinya, akhirnya dia beranjak. dia mandi.

mamahku lalu pulang. mamahku trus leyeh-leyeh nyantai sambil ngajak aku ngobrol di depan tv. mamahku nanya aku, kenapa adikku mogok MOS, trus mamahku juga sambil bercanda ngomong gini,"dulu kamu hari terakhir MOS juga bolos og ya nok??" lalu aku cengengesan, inget masa itu. setelah itu aku masuk kamar kakakku dan ngenet. mamahku lalu ngobrol ama adikku, nanya kenapa dia mogok MOS, apakah besok mau mogok lagi, tapi adikku cuman diem diem gak jelas. lalu tiba-tiba, mamahku dengan sedikit berteriak dan rada ngedip-ngedipin mata (kamar ama ruang tv ini deketan, jd aku bisa lihat mimik wajah mamahku) berkata padaku,

"yov, nok, kalau gak ikut MOS bakal diapain?"

lalu aku juga sedikit berteriak menjawab,"gak papa ding dek! gak diapa2in, santai wae.. hahahaha"
mamahku cuman geleng kepala, nyesel nanya aku kayaknya. dan mungkin sedikit kecewa karena aku gak bisa diajak kerja sama. hehehe

lalu kami berempat, dalam suatu sore, seperti biasa, kumpul-kumpul, nonton tv bareng, ngobrol-ngobrol.. cerita-cerita tentang MOSku dulu yang juga gak kuselesaikan karena semakin hari, MOS di smaku itu semakin lebay dan tidak manusiawi. tentang OSPrEK di kampusku. bahwa ada satu temanku yang gak ikut OSPrEK selama seminggu karena dia gak suka perploncoan macam gitu. dan ternyata setelah semua itu berlalu, tak ada hal yang tidak diinginkan, kami tetap bisa sekolah dan kuliah dengan hati damai. hehehe. jadi ingat waktu OSPrEK, aku satu-satunya maba yang mogok mengerjakan tugas OSPrEK yang bejibun, dan habislah aku jadi bulan-bulanan senior. kayak jagoan banget deh waktu itu. metal!! hahahah

dan hari Rabu, hari terkhir MOS adikku, dia masih mogok, dan kami sekeluarga masih nyantai aja. baru hari Kamis paginya, mamahku mulai beraksi, ngomel-ngomel bangunin adikku yang masih males-malesan bangun untuk sekolah. lalu, aku turun tangan, dengan satu kalimat "bangun dek..",yang nadanya sedikit mengancam, adikku bangun dari tidurnya, lalu mandi.

Setelah itu, siangnya, sewaktu dia pulang dari sekolah, dia terlihat ceria. Syukurlaaahh...acara mogoknya sudah selesai...

Tidak ada komentar: