Rabu, 24 Februari 2010

my hobbies

Belakangan ini aku mempunyai kesibukkan baru. Emm.. sebenarnya bukan kesibukan juga sih, hanya kegemaran yang seringkali muncul tapi masih terkendali. Yang pertama adalah fotografi. Aku juga kurang tahu, apakah aku ini termasuk dengan golongan gadis latah yang kebanyakan? Kalaupun iya, memang kenapa? Yang jelas aku sudah suka fotografi sejak lama. Apalagi sejak tahu omku punya keahlian dalam bidang fotografi. Dan tidak setengah-setengah, dari karya yang hanya hobby itu, dia bisa menghasilkan uang yang lumayan lho. Aku memang pernah menceritakan omku yang fotografer itu, tapi tak ada salahnya jika kembali kuceritakan sedikit tentangnya. Dia bekerja di sebuah kantor pajak [kalau tidak salah], dan sebenarnya banyak sekali bakatnya di bidang seni. Tapi fotografilah yang ia tekuni sampai sekarang. Kalian bias lihat karyanya di sisi kanan bagian “check this out” yang Om Yoyok.

Tapi, kesukaanku itu awalnya hanya kesukaan yang tertahan. Aku tidak memiliki kamera untuk memraktekkannya. Paling pol kamera hp. Kasihan yah?? Sejak kuliah di jogja, kesukaanku bertambah, tapi ya hanya sebatas itu. Seringkali iri dengan teman sekamarku yang sekarang sudah pindah kosan. Dia mengikuti organisasi fotografi di kampusnya. Beberapa kali aku mengkritisi hasil jepretannya. Hanya sebatas itu. Tanpa kamera. Menyedihkan. Oya ada yang lucu, suatu ketika aku melihat hasil jepretan kawanku itu yang sudah dicetak, dia memakai kamera analog dan aku memuji foto-foto yang kunilai bagus, tapi ternyata, kebanyakan di antara foto yang aku puji itu bukan hasil jepretannya, melainkan hasil jepretan teman hunting kawanku itu. Aku jadi merasa tak enak hati.

Sampai pada akhirnya omku member ikanku sebuah kamera analog auto focus keluaran Nikon, aku lupa serinya, tapi tanpa kusadari, aku telah merusakkannya. Sedih dan merasa bersalah pada omku. Kamera itu kukembalikan. Dan tidak diperbaiki. Karena ternyata butuh biaya mahal untuk memperbaikinya, itupun hanya bias diperbaiki di Jakarta. Namun, natal yang lalu, tak diduga dan tak dinyana, omku member ikanku kamera analog view finder yang pure manual, Nikon FM 10. Aku seneng banget. Gak nyangka bakal dapet kamera lagi. Walaupun dibanding kamera pertama yang dikasi omku, kamera manual ini masih kalah. Karena kamera yang pertama itu, kamera auto focus yang merupakan transisi dari era manual ke digital. Tapi, nevermind lah.. yang penting kamera. Dan analog!! It’s an awesome camera for practice dude!! Dan sampai sekarang, akulah gadis berlensa analog, yang berkali-kali trial and error. Sampai menghasilkan gambar-gambar yang dibilang bagus dan komponya pas oleh omku dan beberapa orang. Senangnyaaaa… oya, anyway, ada beberapa foto yang sudah aku upload di blog ini dalam postingan ‘aku yang berlensa’.

Kegemaran keduaku adalah menggambar. Bahkan kegemaran bermusikku telah tergeser dengan kegemaranku yang satu ini. Terutama gambar orang, terutama lagi, wajah. Aiiihh… tapi masih jauh dari kata bagus sih. Berkali-kali aku kecewa dengan gambarku yang kurang mirip dengan foto atau bentuk aslinya. Tapi semua memang butuh latihan. Ini pun karena ingat zaman-zaman sekolah. Betapa aku seringkali dapat nilai terbaik untuk pelajaran seni rupa, terutama menggambar. Beberapa kali temanku meminta pertolonganku untuk membuatkan tugas mereka, dan kadang kusanggupi dengan beberapa syarat , justru seringkalinya malah tanpa syarat. Aku selalu menikmati setiap tugas kesenian yang diberikan guru seni rupaku. Menyenangkan memang mengerjakan apa yang kita benar-benar suka dan mampu. Pada semester awal kuliah pun aku sempat menghasilkan uang lewat kemampuan menggambar. Teman kos yang merupakan anak AKPER sempat beberapa kali memintaku membuatkan tugas gambar anatomi manusia, dan lain-lain dengan tarif tertentu. Lumayan laaahh.. Nanti juga akan kutunjukkan beberapa gambar yang sempat aku buat di beberapa kesempatan. Yang jelas, aku suka sekali dengan dua kegemaranku saat ini. Menyenangkan sekali jika bisa melakukannya di saat kesepian, bosan, bad mood, banyak pikiran, dan lain-lain. Dan kuharap ada yang sesuatu yang bias kuhasilkan dari hanya sebuah kegemaran.

Kusarankan bagi teman-teman semua untuk memiliki kegemaran yang positif . Apapun itu, pasti akan sangat berguna bagi kita. Menyanyi, bermusik, menulis, memancing, olah raga. Maka, akan kalian sadari bahwa kegemaran kita adalah kegiatan terasyik yang bias kita lakukan kapanpun, dimanapun, dan dalam rangka apapun. Just enjoy your life with your own hobby!! See yaa…

Tidak ada komentar: