Rabu, 10 Februari 2010

ayo menulis

Apa yang kamu lakukan kalau sedang kesepian? Sedang rindu seseorang? Sedang marah? Sedang sedih? Sedang jatuh cinta? Apa sama?
Inilah yang aku lakukan jika aku sedang kesepian, rindu seseorang, marah, sedih, ataupun jatuh cinta. Menulis. Adakah yang pernah mencobanya??
Kebanyakan orang suka cara ini. Orang berkirim pesan singkat, update status di jejaring social, menulis diary, membuat puisi, menjadi blogger. Kata kerja utama adalah: Tulis. Tanpa kita sadari kita adalah penulis handal. Dengan menumpahkan semua isi hati kita, unek-unek, kadang curhatan-curhatan yang menurut orang lain tidak penting. Who’s care?? Ini adalah salah satu bentuk ekspresi. Menulis tidak selamanya harus sesuatu yang penting dan ilmiah. Yahh, walaupun jangan selalu berisi curhat juga. Dan tahu tidak? saat kita selesai menuliskan apa yang sedang kita rasakan, akan ada sedikit kelegaan yang muncul. Lalu, kerut-kerut di kening mulai hilang. Dan setelah lama tak bertulis ria, kita akan kembali pada keadaan yang sama, yang cukup tidak menyenangkan, lalu kita menulis lagi, atau setidaknya, kita membaca tulisan kita sendiri ataupun seseorang, dan percayalah, perasaan kita akan menjadi lebih baik.
Tidak semua orang punya kawan curhat, teman dekat, keluarga, pacar, atau hanya sekedar teman bicara. Tapi dengan menulis, kita tidak akan merasa kesepian, sendirian, dan mengenaskan lagi. Tulisanmu tidak akan memarahimu, seperti yang seringkali dilakukan orang padamu selesai bercurhat, tulisanmu tidak akan menghakimimu seperti kebanyakan orang sok benar dan sok suci, tulisanmu tidak akan salah memberimu nasehat karna dia memang tidak memberikan nasehat maupun jalan keluar. Tapi setidaknya, kamu akan merasa lebih baik setelah menulis, kamu akan merasa plong setelah kau tumpahkan perasaanmu lewat tulisan, kamu akan bisa berpikir lebih jernih lagi karena perasaanmu sudah tenang. Tidak ada yang salah dengan menulis selama kita tidak mengata-ngatai orang lain di depan publik lewat tulisan kita. Mari mewarnai dunia dengan tulisan!!

1 komentar:

dwi wahyu arif nugroho mengatakan...

siip,, menulis emg menjadi salah satu sarana pelepesan emosi^^