Jumat, 23 Januari 2009

L A R I, just run!!

haiii... pagi yang indah! isn't it?? of course!! mamah lagi pergi ke jakarta, dan inilah kesempatan untuuuuk lari!!! jam enaman aku bangun hanya buat nganterin si amy. adekku yang paling kubenci dan kusayangi [benarkah yang kedua??] hahah. padahal biasanya bangun jam tujuh. maklum lagi liburan nih. 2 minggu di semarang. kalau di jogja, aku gak bakal bangun sesiang itu. well, memang hari ini aku sudah berencana untuk olah raga. lagi dalam program mempersiapkan diksar panta Rhei dan memperoleh badan yang bugar. di rumah uda saban hari sit up, push up, dan kalau mamah lagi berbaik hati nolongin, back up juga. dan baru ada kesempatan sekarang untuk jogging di TLJ. that will be great. serius!! dulu waktu SD aku paling seneng pelajaran olah raga. I was the best in my class, actually in girls. hha! tapi habis smp sampai sma. benci banget sama olah raga. entahlah karena apa. apalagi lari muter imam bonjol. semua yang berhubungan dengan lari. it's terrible . I hate it.

tapi apakah yang terjadi sekarang?? apa aku sudah kena penyakit gila nomor berapa?? hhmm?? ikal pasti tahu. semalem aku bilang sama mas kevin kalau aku mau dengan senang hati nganter amy. mas kevin sedikit terperanjat. hassh, terperanjat segala. iya, aku bilang kalau habis itu aku mau jogging di TLJ. sendirian. dia terperanjat lagi. hha! bahasaku. dan jadilah. hari ini, pagi-pagi buta [apa jam enam bisa disebut pagi2 buta?? ah..lupakan] aku telah mengenakan celana jins pendek belelku, my orange jacket, sepatu, dan kaos kakinya, dengan mengunyah lotte cyllitol, dan headset di telinga dengerin prambors. dengerin si penyiar, entah namanya siapa, gak kenal, on air dari jakarta, ngoceh-ngoceh. dan berangkaaaat!!

jam setengah tujuan, habis nganter amy. langsung terbang ke TLJ. bisa dibilang udah kesiangan siiih. tapi sebodo. tujuan kita kan buat lari, bukan buat sekolah. jadi gak ada tuh yang namanya telat2an. wehehe. sudah lumayan terik. tapi. emang udah berkeinginan buat lari, jadiii.. hajar!! dan ad tips buat kalian semua sebelum melakukan olah raga jogging ini. simaklah!

1. jangan makan dulu. jangan takut lemes atau pingsan. kecuali kamu lagi sekarat or sejenisnya. hhee. habisnya, pernah suatu kali aku makan sebelum jogging. soalnya aku suka langsung terserang flu kalau telat makan. lebai banget gak siih?? tapi begitulah aku. makan tepat waktu itu penting. dan walhasil, waktu jogging, waaa, rasanya gak enaaaak banget. kalau orang jawa bilang suduken. perut nyeri2 gitu. jadi, jangan makan sebelum kau akan pergi jogging. gak akan mati kelaparan kok.

2. lakukanlah pemanasan dulu sebelum jogging. soalnya takut2 kalau tiba2 terjadi kram. kan gak lucu tuh, kalau lagi asyik2nya lari, sambil ngecengin siapa gitu, trus terserang kram. wehhehe. padahal tadi aku juga lupa pemanasan. tapi syukurlah.. aku gak mati gaya gara2 terserang kram. tapi jangan ikut2an!! kemampuan orang kan beda2.

3. yang namanya jogging kan lari2 kecil, jadi gak usah bergaya kayak lari sprint yang kenceng2an. santai aja kayak di pantai.. sambil nikmatin suasana. liat yang bening2. wehehehe. kalau ada ya, sambil dengerin mp3 atau sejenisnya. asik kok.

4. atur napas. dua langkah lari kecil menghirup, dan selangkah hembusan. atau terserah. yang penting beraturan dan konstan.

5. jangan sering2 berhenti. soalnya sekalinya berhenti. kerja jantung yang tadinya cepet jadi ngdrop. jadi kalau ngulang lagi, gak bisa kuat kayak awal. gak bisa konstan. jadi bakal cepet capek dan gak kuat lari lama2.

6. minum setelah selesai jogging aja. jangan dikit2 minum. kata nenek itu berbahaya. wahahaha, gak ding. belum tahu teorinya kenapa begitu. tapi, sebaiknya tidak dilakukan. penjelasan menyusul.

jadi itulah sedikit tips dari aku. jadi.. selamat jogging, alias lari2 kecil!
eit eit...
ceritaku belum selesai.
well, akhirnya aku sampai di TLJ. banyak tante2 om2, oma opa, adek kakak, yang olah raga. senangnya melihat banyak orang masih pada peduli dengan kesehatannya. FYI, ini kali kedua aku jogging di TLJ. padahal hidup di semarang uda 19 tahun. hhaaa. gak papa, yang penting kan pernah. yang pertama aku pergi sama panji, adit, tante, kiki. kalau gak kelas dua ya tiga sma. cuman kuat 5 putaran. dan kali ini aku sendirian. awalnya sih semangat. kaki sempet sakit dipake lari. maklum, biasanya sejak panta rhei, 2 hari sekali lari. sekarang gak pernah. atau mungkin gara2 belum pemanasan yah? setelah beberapa putaran, aku mulai capek dan sering brenti2. terbukti kan tips nomor 5. aku jadi banyak jalannya daripada larinya. tapi gak papa, gak dosa kok. wehehe. dan guess what!! aku sekarang berhasil melakukan lari 10 putaran TLJ. waaaa yovi kereeeeen. minta tanda tangannya dooong!!! ahh, biasa aja kok. wahahaha. I feel good!

1 komentar:

andie mengatakan...

selamat bu

komentar anda masuk kategori komentar terlengkap buat anak pantarhei PEMULA seperti saya.....